Banda Aceh (ANTARA News) - Tim Dewan Ketahanan Nasional menggelar pertemuan dengan Sekretaris Daerah Aceh Dermawan dalam rangka mendapat informasi aktual terkait dengan ketahanan nasional di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

"Kondisi Aceh saat ini sangat damai dan kondusif. Alhamdulillah semua sistem berjalan dengan baik. Pemerintah Aceh juga sedang menjalankan program pembangunan sebagaimana telah ditetapkan dalam APBA 2017," kata Sekda Dermawan di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela menerima kunjungan Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional yang diketuai Marsda TNI Khoirul Arifi dengan agenda mendapatkan informasi aktual terkait dengan ketahanan nasional di Aceh yang meliputi aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial-budaya, pertahanan, keamanan, hukum dan berbagai isu lainnya.

Dermawan menjelaskan bahwa Aceh baru saja selesai melaksanakan Pilkada yang berlangsung di 20 kabupaten dan kota serta satu di tingkat Provinsi yakni pemilihan gubernur dan wakil gubernur periode 2017-2022.

"Komisi Independen Pemilihan sebagai penyelenggara Pilkada telah selesai melakukan penghitungan suara, dan hasil rekapitulasi tersebut telah disampaikan kepada masyarakat," katanya.

Menurut dia, ada beberapa wilayah yang pasangan calon kepala daerahnya menyampaikan gugatan ke Mahkamah Konstitusi dan hal tersebut merupakan dinamika yang biasa terjadi.

"Kita berharap semua dapat diselesaikan dengan baik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Dermawan.

Dalam pertemuan tersebut, Wantannas dan jajaran Pemerintah Aceh juga membahas berbagai permasalahan lainya, antara lain terkait belum keluarnya Instuksi Presiden mengenai proses rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa di Kabupaten Pidie Jaya, Pidie dan Bireuen.

(M049/H011)

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017