Medan (ANTARA News) - Forum Humas BUMN meluncuran buku "Siswa Mengenal Nusantara" yang disusun berdasarkan kesaksian pelajar dari berbagai provinsi.

Peluncuran buku "Siswa Mengenal Nusantara" itu dilakukan di sela-sela semintar "Strategi Cerdas Menjaga Reputasi Perusahaan" yang diselenggarakan Forum Humas BUMN, di Medan, Sabtu.

Koordinator Bidang Pengembangan Bisnis Forum Humas BUMN, Harrini Yulianti, mengatakan, penerbitan buku itu berawal dari beberapa kunjungan siswa ke berbagai provinsi di Tanah Air.

Dari kunjungan dalam program Siswa Mengenal Nusantara itu, siswa-siswa itu membuat kesaksian mengenai hasil dan perasaan yang dialami.

Kemudian, Forum Humas BUMN mengumpulkan kesaksian itu dan materinya disaring untuk disusun menjadi buku.

Nantinya, Forum Humas BUMN menggelar peluncuran buku itu pada akhir Februari di Kantor Kementerian BUMN.

Menurut dia, buku tersebut mengandung pembelajaran yang sangat tinggi dan dialami para siswa yang ikut dalam program Siswa Mengenal Nusantara.

Dalam buku tersebut, terangkum pengalaman pelajar-pelajar asal nusantara yang sempat meragukan nasionalisme dan kebhiekaan di Tanah Air.

Namun setelah mengikuti program "Siswa Mengenal Nusantara", nasionalisme siswa-siswa tersebut bertambah dan mengaku sangat bangga menjadi bagian Indonesia.

Ia mencontohkan kesaksian salah seorang peserta "Siswa Mengenal Nusantara" dari Palu, Provinsi Sulawesi Tengah yang bertambah kecintaan terhadap Indonesia setelah mengikuti program itu.

"Dia tidak merasa lagi sebagai siswa asal Palu, tetapi siswa Indonesia. Banyak pengalaman lainnya, dalam buku ini terjawab semua," katanya.

Karyawan BNI itu juga menyatakan, pihaknya memiliki rencana untuk menjual buku tersebut di pasaran karena bisa memberikan wawasan nusantara bagi pelajar lain.

Ketua Tim Penyusunan Buku, Ahmad Sujadi, sangat tertarik dengan isu buku tersebut karena sangat beragam dan menginspirasi. "Malah, isi buku ini bisa difilmkan," kata karyawan PT PELNI itu.

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017