Malang (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf meminta Muslimat Hidayatullah untuk mengembangkan koperasi wanita (Kopwan) karena pemprov siap membantu mengucurkan dana guna menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Pemprov Jatim bersedia mengucurkan bantuan dana untuk program pengembangan dan pemberdayaan Kopwan ini. Dan, Muslimat Hidayatullah pun bisa mengembangkannya, kami akan dukung," kata Saifullah Yusuf ketika memberikan sambutan dalam pembukaan Munas IV Muslimat Hidayatullah di Malang, Kamis.

Dengan diberlakukannya MEA tersebut, Pemprov Jawa Timur menggulirkan berbagai program penguatan ekonomi masyarakat, salah satunya adalah program pengembangan koperasi wanita. Pengembangan koperasi wanita dilakukan melalui pelatihan, pendampingan serta sertifikasi.

Ia mengatakan dalam pengembangannya program pemberdayaan ini penting bagi pelaku koperasi dan UKMK untuk memahami teknologi informasi, terutama internet. Sebab, internet saat ini menjadi jendela bagi pemasaran produk yang murah, praktis, cepat dan memiliki daya jangkau yang sangat luas.

Pada kesempatan itu Gus Ipul berharap Muslimat Hidayatullah juga ikut serta memerangi narkoba yang saat ini sedang marak menyerang kaum muda mudi.

Sementara itu, Ketua Umum PP Muslimat Hidayatullah Periode 2005-2015, Reni Susilowati, mengatakan Muslimat Hidayatullah berkomitmen akan terus meneguhkan peran ibu sebagai pilar utama tegaknya martabat bangsa dengan cara mengokohkan ketahanan keluarga.

"Muslimat Hidayatullah harus terus memainkan peranannya dalam membangun ketahanan keluarga Indonesia di semua sektor," ujarnya.

Menurut dia, pembangunan bangsa Indonesia harus fokus dan terarah. Tidak hanya peduli terhadap pembangunan fisik, tetapi juga pengembangan SDM yang sinergis dan terpadu, khususnya melibatkan tiga unsur penting, yaitu sekolah, keluarga, dan masyarakat.

"Memperkuat ketahanan keluarga tidak cukup hanya ditopang dengan ilmu pengetahuan, tetapi juga perlu dilakukan melalui program pemberdayaan ekonomi.

Sementara itu, Munas IV Muslimat Hidayatullah ini dihadiri ratusan peserta perwakilan pengurus wilayah dan daerah se-Indonesia. Munas tersebut ini juga dihadiri tokoh-tokoh perwakilan ormas Islam dan tokoh perempuan dari Malaysia.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016