Merauke (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak semua pihak untuk mewujudkan mimpi dan harapan anak-anak bangsa dengan penuh keyakinan pasti dapat terwujud.

"Sekarang menjadi tugas kita bersama untuk mewujudkan, bukan menunggu terwujud. Mimpi tidak akan terwujud dengan sendirinya, harus diupayakan dengan segenap keyakinan," kata Presiden Jokowi dalam acara peletakan Kapsul Mimpi di Lapangan Hapsana Sai, Merauke, Papua, Rabu.

Presiden yang mengenakan kemeja putih dan tutup kepala khas Papua menyebutkan Indonesia adalah medan untuk mewujudkan berbagai mimpi tersebut.

"Kita harus tahu impian kita, terutama generasi muda, impian setiap provinsi menjadi pemandu ke mana bangsa ini akan dibangun ke depannya," kata Jokowi dalam acara yang juga dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Gubernur Papua Lukas Enembe dan Bupati Merauke terpilih Frederikus Gebze.

Presiden menyebutkan Gerakan 70 Tahun Indonesia Merdeka yang dicanangkan di Sabang dan berakhir di Merauke telah menghimpun berbagai mimpi dan harapan untuk 70 tahun ke depan.

"Impian bisa dicapai dengan kerja keras, integritas, etos kerja, kejujuran sehingga kita dapat bersaing dengan bangsa lain. Kompetisi adalah tantangan. Saya yakin kita mampu wujudkan impian itu," katanya.

Ia menyebutkan Tanah Papua menjadi titik balik untuk melaksanakan cita-cita pendiri bangsa. "Kia harus kenali potensi diri sendiri, potensi untuk mewujudkan kemakmuran bagi semua tanpa kecuali," katanya.

Sementara itu Gubernur Papua Lukas Enembe atas nama rakyat Papua menyampaikan selamat datang kepada Presiden Jokowi.

"Anak-anak sudah memasukkan di harapan dan keinginannya, Papua adalah bagian dari Indonesia dan sudah menyatakan keinginan dan harapan dalam kapsul waktu itu," katanya.

Ia berharap mimpi itu segera terwujud termasuk adanya keterhubungan antarkabupaten di Papua sebelum tahun 2085.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015