Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menyatakan bahwa organisasi sosial seperti Karang Taruna menjadi pilar dalam penanganan masalah-masalah sosial di daerah.

"Rata-rata di daerah dinas sosial bergabung dengan dinas lain sehingga tidak ada bidang yang menangani masalah sosial karena memang tidak ada struktur yang menjalankan," kata Mensos di Jakarta, Senin.

Karena itu, Mensos usai memberi pengarahan pada orientasi dan seleksi pilar-pilar berprestasi nasional mengatakan, pilar sosial seperti penyuluh sosial, pekerja sosial, pekerja sosial masyarakat, organisasi sosial sangat penting.

Mensos menjelaskan, Dinas Sosial di tingkat dua banyak sekali yang bergabung dengan dinas lain sehingga di Dinsos bisa tersisa satu bidang saja. Rata-rata yang tidak dibentuk adalah bidang rehabilitasi sosial.

"Itulah banyak kita temukan anak-anak terlantar, lansia terlantar itu tidak tertangani karena fungsi itu tidak ada struktur yang menjalankan," katanya.

Sementara permasalahan sosial sangat kompleks dan cakupannya sangat luas berkaitan dengan bidang lainnya seperti ekonomi, ketahanan keluarga sampai pada pemerataan kesejahteraan.

Untuk itu perlu disiapkan tenaga pilar sosial yang handal dan dapat menjadi panutan serta contoh bagi yang lain.

Pilar-pilar sosial ini akan diseleksi dari 33 provinsi. Setiap provinsi akan mengirimkan empat pilar sosial terbaik. Nantinya yang terpilih akan diberi penghargaan tepat pada Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional pada Desember mendatang.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015