Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama secara resmi melantik ratusan pejabat struktural yang berada di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan terhadap 303 pejabat yang terdiri dari eselon dua, eselon tiga dan eselon empat itu dilakukan secara langsung oleh Basuki di Balai Kota DKI Jakarta.

"Dengan ini, saya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melantik saudara sekalian sebagai pejabat di lingkungan Pemprov DKI," kata Basuki saat prosesi pelantikan di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.

Kepada seluruh pejabat yang baru dilantik, mantan Bupati Belitung Timur itu berharap tugas pokok dan fungsinya masing-masing dapat dijalankan dengan sebaik mungkin demi kemajuan ibu kota.

"Saya percaya saudara-saudara sekalian akan mampu menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik, sesuai yang dibebankan," ucap Basuki.

Dia pun mengingatkan kepada para pejabat yang baru dilantik untuk tidak merasa aman dan senang, karena kinerjanya akan terus diawasi dan dievaluasi secara berkala.

"Jadi, setelah dilantik hari ini, jangan langsung merasa aman dan senang. Tidak menutup kemungkinan saudara-saudara didemosi dalam waktu singkat kalau tidak bekerja dengan baik," tutur Basuki.

Selain melakukan pengambilan sumpah jabatan, dia juga melakukan demosi atau penurunan jabatan terhadap sebanyak 41 pejabat, mulai dari eselon dua hingga eselon empat.

"Karena saya hanya mencari orang yang mau bekerja dengan sungguh-sungguh, bukannya malah bekerja sambil melakukan pungli (pungutan liar), atau melakukan kesalahan lainnya," ungkap Basuki.

Total pejabat yang didemosi dari eselon dua sebanyak empat orang, kemudian 11 pejabat eselon tiga dan 26 pejabat dari eselon empat. Sedangkan yang dilantik sebanyak 10 pejabat eselon dua, 32 pejabat eselon tiga dan 261 pejabat eselon empat.

Sepuluh pejabat eselon dua yang dilantik pada hari ini, antara lain Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) DKI Blessmiyanda, Bupati Kepulauan Seribu Budi Utomo, Wakil Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI Michael Rolandi Cresnanta Brata, Kepala Biro Tata Pemeritahan Sekretariat Daerah Bayu Meghantara dan Wakil Wali Kota Jakarta Timur Irmansyah.

Kemudian, Sekretaris Kota Jakarta Pusat Zainal, Sekretaris Kota Jakarta Timur Junaidi, Wakil Bupati Kepulayan Seribu M Anwar, Sekretaris Kota Jakarta Selatan Desi Putra dan Asisten Deputi Gubernur Industri Perdagangan dan Transportasi DKI Meri Ernahani.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015