Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim rencananya membuka tiga cabang kompetisi sains tingkat nasional bagi siswa madrasah di Palembang pada 3 Agustus 2015.

"Terdapat tiga kompetisi yaitu Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Kompetisi Seni dan Olah raga Madrasah (Aksioma) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)," kata Direktur Pendidikan Madrasah Kementerian Agama M Nur Kholis Setiawan di kantornya, area Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu.

Kompetisi tersebut, kata Nur, sebagai bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia serta menguasai teknologi dan seni.

Secara umum ,kompetisi dimaksudkan untuk meningkatkan semangat keilmuan siswa berbasis riset. Siswa juga dituntut untuk selalu sehat raganya.

"Kurang baik juga jika siswa cerdas tapi kurang fit atau tidak sehat," kata Nur.

Terdapat total 1.683 siswa yang mengikuti kompetisi sains tersebut yang terbagi dalam tiga ajang yaitu KSM, Aksioma dan LKTI.

Keseluruhan kompetisi berlangsung  pada 3-7 Agustus 2015.

Para juara kompetisi, kata Nur, nantinya dapat memanfaatkan sertifikat kejuaraan untuk mendaftar lewat jalur di sekolah atau perguruan tinggi negeri lewat jalur bidik misi.

 "Akan ada kemudahan masuk sekolah favorit bagi para pemenang," katanya

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015