Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan partainya telah mengeluarkan 229 hasil rekomendasi untuk calon kepala daerah untuk pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang.

"Jadi total sekitar 229 rekomendasi telah dikeluarkan dan sampai hari ini kami terus membahas. Yang tersisa terutama di daerah-daerah di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur," kata Hasto di Jakarta, Senin, usai menghadiri Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai tamu kehormatan dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

Di Provinsi Jawa Tengah, katanya, bahasan terkait rekomendasi kepala daerah masih berlangsung di Kabupaten Klaten, Kab. Sukoharjo, dan Kab. Kebumen. Sedangkan di Jawa Timur terutama di Kab. Banyuwangi, Kab. Gresik dan Kab. Tuban.

Mengenai rekomendasi calon gubernur, Hasto mengatakan bahwa keputusan partai sudah mulai mengerucut, seperti di Provinsi Kepulauan Riau dan Jambi yang sudah diputuskan.

Sedangkan rekomendasi untuk Provinsi Kalimantan Selatan masih menunggu persetujuan dari Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri, Sumatera Barat sedang dalam proses penjajakan, dan Kalimantan Tengah sudah berada pada tahap akhir.

PDIP, yang menjadi partai pemenang dalam pemilihan umum 2014, telah melaksanakan proses penyaringan berdasarkan beberapa aspek, seperti data survei, pemetaan politik internal dan hasil penilaian dari Himpunan Ahli Psikologi Indonesia.

Hasto mengatakan proses tersebut masih terus berjalan, dan direncanakan pada Rabu (15/7) seluruh proses rekomendasi telah selesai untuk kemudian melaksanakan konsolidasi.

"Dan pada tanggal 21 Juli nanti akan dilakukan sekolah partai untuk calon kepala daerah angkatan kedua," ucap dia.

Hasto mengungkapkan bahwa partainya akan lebih banyak mendorong kader internal sebagai perwujudan tugas partai untuk menyiapkan calon pemimpin.

"Bagi daerah yang masuk kategori kluster satu, atau perolehan suara lebih dari 20 persen, dan kluster dua, untuk perolehan suara 10-19 persen, kami lebih mendorong (pencalonan) kader internal partai," katanya.

Pewarta: Calvinantya Basuki
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015