Purwokerto (ANTARA News) - Pengelola Lokawisata Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyiapkan sejumlah atraksi atau hiburan guna menyambut wisatawan pada masa libur Lebaran 2015.

"Atraksi hiburan akan digelar oleh paguyuban pedagang bersama UPT (Unit Pelaksana Teknis) Lokawisata Baturraden di panggung-panggung kecil yang ada di sana," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Banyumas Deskart Setyo Jatmiko di Purwokerto, Minggu.

Menurut dia, hiburan yang akan ditampikan di antaranya pergelaran musik dangdut dan atraksi kesenian lainnya selama satu pekan setelah lebaran.

Sementara untuk musik kentongan, kata dia, tetap diselenggarakan karena merupakan atraksi rutin yang ditampilkan UPT Lokawisata Baturraden.

Ia mengatakan bahwa Dinporabudpar Banyumas menargetkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Lokawisata Baturraden selama libur lebaran mencapai kisaran 80.000-100.000 orang.

"Kalau target kunjungan wisatawan selama libur lebaran untuk seluruh objek wisata di Banyumas sekitar 200.000-an orang," katanya.

Lebih lanjut, Deskart mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait guna mengantisipasi kemacetan di ruas Jalan Raya Baturraden pada masa libur lebaran.

Dalam hal ini, kata dia, pada ruas Jalan Raya Baturraden mulai dari Gerbang Mandala Wisata hingga Terminal Bawah Baturraden diberlakukan satu arah dan hanya digunakan untuk jalur kedatangan atau masuk.

Sementara untuk jalur kepulangan atau keluar, lanjut dia, wisatawan dari arah Lokawisata Baturraden diarahkan melalui jalur barat atau Ketenger-Karangtengah-Prompong, sedangkan wisatawan dari arah Kebun Raya dan Wanawisata Baturraden diarahkan melalui jalur timur atau Kemutug Lor-Kemutug Kidul-Rempoah.

"Khusus rombongan yang menggunakan kendaraan bak terbuka atau bus nantinya harus transit di Lapangan Rempoah dan melanjutkan perjalanan ke Lokawisata Baturraden menggunakan angkutan pedesaan," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015