Painan, Sumbar (ANTARA News) - Tingkat hunian hotel dan penginapan di sekitar objek wisata Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), meningkat tajam menjelang perayaan Tahun Baru 2015.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata Seni Budaya Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Devi Fachriardi di Painan, Rabu, mengatakan hingga kini sebanyak 350 kamar hotel dan penginapan lainnya yang ada di sekitar Pantai Carocok Painan atau di pusat kabupaten itu sudah penuh pesanan oleh calon pengunjung dari berbagai daerah.

Ia memprediksi kunjungan wisata ke kabupaten itu akan terjadi peningkatan yang cukup tinggi selama libur Natal dan tahun baru 2015. Seperti tahun-tahun sebelumnya, objek wisata di kabupaten itu yang akan menjadi tujuan utama para wisatawan selama liburan yakni Pantai Carocok Painan dan Puncak Bukik Langkisau.

Ke-dua objek wisata tersebut terletak di pusat Kabupaten Pesisir Selatan (Painan). Tingkat kunjungan ke dua objek wisata itu diprediksi akan terjadi mulai tanggal 25 Desember 2014 hingga 2 Januari 2015.

Pada hari tersebut peningkatan kunjungan diprediksi terjadi peningkatan cukup tinggi yakni mencapai 100 persen dibanding hari-hari libur akhir pekan lainnya. Hari puncak ramainya kunjungan akan terjadi pada hari Rabu (31/12).

Ramainya kunjungan wisata pada libur Natal dan tahun baru itu karena bertepatan dengan masuknya libur akhir semester bagi anak sekolah di Sumbar.

"Ramainya pesanan kamar hotel dan penginapan ini sebagai tanda akan terjadinya peningkatan wisata ke kabupaten ini pada perayaan menyambut tahun baru 2015," katanya.

Maman (34) seorang petugas hotel di kawasan Pantai Carocok Painan, mengatakan, hingga kini pesanan kamar hotel di tempat ia bekerja itu sudah penuh oleh calon wisatawan untuk penyambutan tahun baru 2015.

Sesuai pesanan, para wisatawan tersebut akan masuk ke hotel itu mulai pada Kamis (31/12). Mayoritas calon wisatawan tersebut memesan kamar selama tiga hari Sejak Kamis itu.

"Mereka (calon pengunjung) umumnya berkeluarga atau berombongan yang datang dari luar Provinsi Sumbar. Sekitar 45 persen dari Provinsi Riau, sisanya dari Lampung, Jambi, Palembang dan Pulau Jawa, " katanya.

Khusus pada akhir tahun ini, hampir semua pemilik penginapan dan hotel di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan memberikan harga promo kepada para wisatawan. Penurunan harga sewa kamar bervariasi dari 25 sampai 50 persen. 

Pewarta: Siri Antoni
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014