Waktu yang dibutuhkan untuk membangun stadion ini sekitar dua tahun. Stadion ini akan mampu menampung hingga 50.000 penonton dan juga berstandar internasional,"
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera memulai pembangunan fisik Stadion Bersih, Manusiawi dan Wibawa (BMW) yang terletak di Kelurahan Papanggo, Jakarta Utara.

"Peletakan batu pertama atau groundbreaking sudah bisa dimulai bulan ini karena sebagian lahannya, yakni seluas 12 hektar sudah memiliki sertifikat. Stadion ini akan berkelas internasional," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Menurut dia ada sebagian sisa lahan yang belum dibebaskan, namun saat ini terus diurus Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Total keseluruhan lahannya mencapai 30 hektar. Proses sertifikasi lahan Stadion BMW itu akan terus berjalan seiring dengan pembangunannya," ujar Jokowi.

Gubernur menuturkan Stadion BMW dibangun sebagai ganti Stadion Lebak Bulus yang rencananya akan dibongkar guna pembangunan sarana transportasi massal atau Mass Rapid Transit (MRT).

"Selain stadion, di lahan tersebut juga akan dibangun ruang terbuka hijau (RTH) dan ruang terbuka biru (RTB). Semua dokumen pembangunan sudah lengkap, termasuk konsepnya, tinggal dimulai saja," tutur Jokowi.

Sementara itu, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Ratiyono mengungkapkan anggaran pembangunan Stadion BMW sebesar Rp1,2 triliun dan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI yang dicairkan secara multiyears.

"Waktu yang dibutuhkan untuk membangun stadion ini sekitar dua tahun. Stadion ini akan mampu menampung hingga 50.000 penonton dan juga berstandar internasional," ungkap Ratiyono.

Desainnya, tambah dia, akan berbentuk menyerupai sorban dan juga dilengkapi dengan ornamen-ornamen khas Betawi.

(R027/S025)

Pewarta: Rr Cornea K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014