Sukabum (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Pemkot Sukabumi mengingatkan, cuaca buruk yang terjadi di kota itu dapat menimbulkan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Chikungunya.

"Penyakit yang biasa menyerang warga saat cuaca buruk ini seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Chikungunya, yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti," kata Kepala Seksi Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Sukabumi, Irma Agristina, Minggu.

Kedua jenis penyakit tersebut masih mengancam masyarakat Sukabumi.

Berdasarkan data pada 2012, jumlah penderita penyakit DBD mencapai 922 orang empat orang diantaranya meninggal dunia sedangnya untuk tahun lalu penderita penyakit DBD mencapai 597 orang dua orang diantaranya meninggal dunia.

Korban akibat Chikungunya pada 2012 mencapai 53 orang yang terjangkit, namun pada 2013, penyebaran penyakit ini mencapai 930 orang.

Untuk untuk menghindari atau mencegah tubuh terserang penyakit ini masyarakat harus membiasakan progam hidup bersih dan sehat serta meminum vitamin agar daya tahan tubuh tetap terjaga sehingga terhindar dari berbagai serangan penyakit.

 

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014