Jakarta (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memaparkan terjadi peningkatan populasi beberapa jenis satwa terancam punah di Indonesia dan beragam upaya terus dilakukan untuk langkah konservasi termasuk memanfaatkan teknologi lewat bank hayati (biobank).

Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK Satyawan Pudyatmoko dalam acara diskusi di Jakarta, Rabu, menjelaskan KLHK bekerja sama dengan beragam pemangku kepentingan untuk mendukung konservasi satwa terancam punah dan menambah populasinya.

Kerja sama salah satunya dilakukan dengan IPB University untuk mendirikan biobank atau bank hayati menyimpan kekayaan genetik jenis spesies langka yang terancam punah. Selain juga dilakukan pemanfaatan teknologi asistensi reproduksi untuk mendorong penambahan populasi satwa-satwa tersebut.

"Baik untuk badak jawa, badak sumatra nanti banteng, harimau dan satwa-satwa karismatik yang lain," jelasnya saat diskusi dalam rangka Pekan Keanekaragaman Hayati 2024 .

Baca juga: KLHK sebut jenis keanekaragaman hayati Indonesia akan terus bertambah

Terkait populasi beragam satwa endemik Indonesia yang masuk dalam daftar terancam punah saat ini, Satyawan mengatakan terdapat peningkatan populasi untuk sejumlah jenis satwa dalam beberapa tahun terakhir.

"Ada beberapa berita gembira peningkatan populasi misalnya jalak bali dari 31 pada 2015 menjadi 191, lalu badak jawa dengan tekanan yang sangat berat masih ada peningkatan," kata saat diskusi dalam rangka Pekan Keanekaragaman Hayati 2024 di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan bahwa populasi badak jawa (Rhinoceros sondaicus) mengalami penambahan dari 63 individu pada 2015 menjadi 72 pada 2019. Hal serupa juga terjadi dengan spesies terancam punah lain seperti owa jawa (Hylobates moloch) naik menjadi 1.100 ekor pada 2019 dari 546 pada 2015 dan harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) dari 180 pada 2015 menjadi 220 pada 2018.

Dalam kesempatan itu dia juga menekankan pemerintah Indonesia terus menggali potensi bioprospeksi atau upaya menghasilkan produk bernilai ekonomi tinggi dari pemanfaatan spesies endemik di beragam taman nasional. Upaya bioprospeksi itu termasuk juga untuk memantenkannya demi mencegah pembajakan biologi atau biopiracy.


Baca juga: KLHK siap tindak tegas perusakan mangrove karena rugikan lingkungan

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024