Naypyitaw (ANTARA News) - Tim road race putra balap sepeda menyumbang medali emas bagi kontingen Indonesia pada SEA Games 2013 di Naypyitaw, Myanmar, Rabu setelah mampu membukukan waktu paling kecil dibanding tim peserta lainnya.

Penyumbang emas keempat untuk cabang olahraga balap sepeda ini adalah Robin Manulang, Aiman Cahyadi dan Bambang Suryadi setelah membukukan catatan waktu 13:34:33 dalam menempuh jarak 163 km.

Untuk medali perak direbut tim Malaysia yang diperkuat oleh Sea Kong Loh, Mohammad Saufi Mat Senan dan Muhammad Rauf Nur Misbah dengan catatan waktu kumulatif 13:37:05.

Sedangkan medali perunggu direbut tim Filipina yang diperkuat Ronald Oranza, Mark John Lexer P Galedo dan Rustom C Lim dengan catatan waktu 13:41:04.

Emas yang rebut oleh tim road race putra Indonesia merupakan emas keempat dari cabang balap sepeda. Sebelumnya emas direbut dari nomor MTB estafet campuran, MTB putri dan downhill putra.

Bagi Robin Manulang, emas nomor tim road race putra ini merupakan medali yang ketiga. Sebelumnya Robin Manulang sudah meraih medali perak dari nomor Individual Time Trial (ITT).

Selain itu Robin Manulang juga meraih medali perunggu dari nomor road race individual setelah mampu membukukan catatan waktu 04:29:26 setelah menempuh jarak 163 km.

Di nomor road race individual, medali emas direbut pebalap asal Laos, Ariya Phounsabath dengan catatan waktu 04.27.22 sedangkan medali perak direbut oleh pebalap asal Vietnam, Nguyen Hung Mai dengan catatan waktu 04:29:07.

Dengan hasil ini tim balap Indonesia sudah hampir memenuhi target yaitu lima emas. Peluang untuk menutup kekurangan adalah dari nomor BMX nomor putra dan putri yang akan bertanding di lintasan balap Mount Pleasant, Naypyitaw, Kamis (19/12). (*)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013