Washington (ANTARA News) - Satu kapal Angkatan Laut China melakukan manuver berbahaya di dekat kapal perang Amerika Serikat di Laut China Selatan pekan lalu, kata beberapa perwira militer AS Jumat.

USS Cowpens, kapal perang yang dilengkapi peluru kendali, terpaksa bermanuver menghindari tabrakan dengan kapal China itu yang telah melintasi di depannya dan berhenti, kata beberapa perwira angkatan laut dan pejabat pertahanan.

Kapal jenis amfibi milik China itu mendekat dengan jarak  kurang lebih 500 meter dari kapal AS itu, kata seorang pejabat pertahanan seperti dikutip AFP.

"Peristiwa ini terjadi di perairan internasional Laut China Selatan pada 5 Desember," kata pejabat itu, yang meminta jatidirinya tak disebutkan, dalam surat elektronik.

"Akhirnya komunikasi di antara awak kapal-kapal itu terjadi, dan kedua kapal bergerak saling memberi jalan aman," kata pejabat itu.

Pejabat tersebut mengatakan kapal perang USS Cowpens telah berada di posisi dekat Liaoning, kapal pengangkut pesawat China, ketika insiden terjadi.

(Uu.M016/

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013