Mengingat, cepatnya perkembangan tren pariwisata membutuhkan pengetahuan dan kreativitas yang tinggi dari para pelaku wisata di Tanah Air
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan tantangan perkembangan tren wisata dunia harus dijawab dengan kesiapan para tenaga pariwisata nasional.

"Di era yang sarat dengan perubahan, termasuk di sektor pariwisata, harus dijawab dengan kesiapan para tenaga pariwisata yang terampil dan mampu meningkatkan kualitas layanan kepada para wisatawan," kata Rerie, sapaan karibnya, dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, tren pariwisata yang berkembang saat ini membutuhkan penanganan dari sumber daya manusia (SDM) pariwisata yang benar-benar memiliki tingkat keterampilan yang baik dalam sejumlah bidang.

"Perpaduan kegiatan yang diinginkan wisatawan dalam satu kesempatan, membutuhkan kreativitas para pelaku wisata agar menjadi kombinasi sajian wisata yang memiliki daya tarik dan keunikan yang diminati para wisatawan," ujarnya.

Baca juga: KSP ajak pelaku wisata Labuan Bajo jaga iklim pariwisata

Baca juga: Sandiaga: Tenaga kerja parekraf bertambah tiga juta orang pada 2022


Dia mengingatkan upaya meningkatkan keterampilan dan pengetahuan SDM pariwisata nasional harus konsisten dilakukan dalam upaya mengantisipasi perkembangan tren global.

Selain itu, peningkatan kualitas SDM merupakan bagian penting dari proses pembangunan pariwisata nasional.

"Mengingat, cepatnya perkembangan tren pariwisata membutuhkan pengetahuan dan kreativitas yang tinggi dari para pelaku wisata di Tanah Air," kata anggota Komisi X DPR RI itu.

Dia pun berharap perkembangan sektor pariwisata yang signifikan dapat memberikan kontribusi nyata yang lebih baik dalam peningkatan kinerja perekonomian nasional.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024