Jayapura (ANTARA News) - Operator PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menyatakan telah mengembangkan jaringan di Papua dengan sudah menjangkau 65 kabupaten/kota di daerah itu.

General Manager Telkomsel area Maluku-Papua Djony Heru S kepada ANTARA mengatakan, walaupun sudah berhasil menjangkau 65 ibukota kabupaten/kota di Tanah Papua, pihaknya akan tetap menambah kapasitas layanan sesuai kebutuhan masyarakat.

Di Papua, Telkomsel akan membangun 400 base transceiver station (BTS) , dengan 70 persen di antaranya kapasitas 3G dan 30 persen berkapasitas 2G.

Jumlah BTS yang sudah dibangun di daerah itu tercatat 1.053 BTS .

Ketika ditanya tentang berapa besar investasi yang sudah ditanamkan di Tanah Papua, Djony Heru mengatakan, investasi yang ditanamkan cukup tinggi karena kondisi geografisnya.

"Kalau kita membangun satu (1) BTS di Papua dananya hampir sama dengan membangun tiga (3) BTS di Pulau Jawa ," aku Djony seraya menambahkan besarnya investasi yang sudah dikeluarkan Telkomsel merupakan bukti komitmen dalam melayani masyarakat.

Menurut Djony, untuk tahun 2014 mendatang pihaknya akan membangun 678 BTS yang akan disebarkan di ibukota kecamatan sehingga memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi.

Namun, untuk menentukan lokasi pembangunan BTS, kata Djony, pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

"Kami banyak terbantu oleh pemda sehingga memudahkan dalam proses pembangunannya," tambah GM Telkomsel Area Maluku-Papua Djony Heru.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013