Mengapa saya 'blusukan', saya ingin tahu apa yang dihadapi rakyat kita...
Sukabumi (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan rencana penerapan sistem jaminan sosial nasional tahun 2014 mendatang dilakukan berdasarkan kajian dan pengamatan panjang, termasuk pantauannya selama mengunjungi berbagai wilayah.

"(Tahun) 2004, 2005, 2006 , saya 'blusukan' ke seluruh wilayah Indonesia sambil mengelola kegiatan tanggap darurat rekonstruksi Aceh dan Nias," kata Presiden pada acara sosialisasi gerakan sadar jaminan sosial yang diselenggarakan PT Askes di Sukabumi, Senin.

"Mengapa saya 'blusukan', saya ingin tahu apa yang dihadapi rakyat kita terutama saudara kita yang tidak mampu. Meski pembangunan untuk semua, tidak diskirimantif, tapi secara moral pemerintah wajib memperhatikan keadaan saudara kita yang tidak mampu dan miskin," jelasnya.

Menurut hasil pengamatan, kata dia, ada tiga hal yang dihadapi oleh masyarakat miskin Indonesia yakni pendidikan, kesehatan dan pangan.

Atas dasar itu, ia melanjutkan, pemerintah menerapkan program-program seperti bantuan pendidikan, beras bersubsidi bagi keluarga miskin dan juga program jaminan sosial nasional.

"Kalau mau jujur, lihat kehidupan rakyat Alhamdulillah lebih baik, meski ada yang banyak harus kita benahi," katanya.

Setahun lagi masa tugasnya berakhir dan dia berharap penggantinya melanjutkan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.

"Program yang membawa manfaat bagi rakyat kita terutama rakyat miskin dan tidak mampu jangan ditinggalkan bahkan ditingkatkan, yang belum baik bisa diperbaiki dan disempurnakan," kata Presiden.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013