Tapi setelah dibahas dan didalami maknanya, ada benarnya juga. PPP memang partai yang tak memiliki dana yang besar. Begitu juga gebyar yang diartikan pemberitaan, pemberitaan PPP tidak seheboh partai lain,"
Jakarta (ANTARA News) - Feng Shui, filosofi China tak hanya digunakan oleh orang guna mendapatkan keberuntungan. Tapi partai politik juga menggunakan Feng Shui guna meningkatkan elektabilitas partainya sehingga bisa berada dijajaran papan atas dari partai politik yang ada di tanah air.

Salah satu partai yang menggunakan Feng Shui adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Digunakannya Feng Shui itu karena sejak berdiri 5 Januari 1973, PPP tidak pernah memperoleh elektabilitas yang tinggi dibanding partai yang baru didirikan seperti Partai Demokrat, PKS. Bahkan, PPP selalu berada di papan tengah, bahkan akhir-akhir ini melorot ke peringkat bawah.

"Kami selalu berpikir, kenapa PPP tidak pernah memiliki elektabilitas dan perolehan suara  yang tinggi dibanding partai lain. Padahal, PPP adalah partai lama dan memiliki pemilih setia dan loyal," kata Sekretaris Jenderal PPP, Romahurmuziy atau Romi, Jakarta, Rabu.

Teringat perintah Rasulullah, Muhammad SAW, tuntutlah ilmu meskipun ke negeri China, PPP mencoba mencari cara agar elektabilitas maupun perolehan suara bisa meningkat, salah satunya adalah Feng Shui.

Romi menceritakan, seorang pakar Feng Shui akhirnya membuka rahasia penyebab tak naiknya elektabilitas partai berlambang Kabah itu.

Pakar Feng Shui itu, cerita Romi hanya meminta tanggal lahir dan lambang partai. Setelah mengetahui, pakar Feng Shui itu menyebutkan, bahwa PPP adalah partai yang tenang, damai sehingga tidak akan pernah memiliki atau merasakan seperti yang diharapkan.

"Dari tanggal lahir (5 Januari 1973) dan lambang partai, tidak ada unsur logam dan api," kata pakar tersebut sebagaimana yang diceritakan Romi.

Dalam kehidupan sehari-hari di China, pakar Feng Shui itu menjelaskan, unsur logam  dalam kehidupan sehari-hari bangsa China, melambangkan uang. Sedangkan unsur api melambangkan gebyar atau  pemberitaan tentang partai.

Meskipun demikian, petinggi PPP tidak serta merta menerima apa yang disampaikan oleh pakar Feng Shui itu.

"Tapi setelah dibahas dan didalami maknanya, ada benarnya juga. PPP memang partai yang tak memiliki dana yang besar. Begitu juga gebyar yang diartikan pemberitaan, pemberitaan PPP tidak seheboh partai lain," ujar Romi.(*)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013