Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meninjau lokasi yang menjadi tempat pembagunan kampung deret di bantar kali Krukut, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Jumat.

Jokowi menyebutkan bahwa kedatangannya kali ini untuk melihat lapangannya karena sebelumnya dia mendapatkan beberapa laporan perihal daerah tersebut yang kerap terkena banjir.

"Saya dapat laporan dari warga kalau di sini airnya suka naik, tapi ini memang lokasinya rendah," kata Jokowi di Jakarta, Jumat.

Dia menyebutkan bahwa lokasi bantaran Kali Krukut tersebut sudah bersih baik dari segi lingkungannya maupun dari ketersediaan lahan yang ada.

"Ini lahannya sudah bersih juga, jadi bisa kami berlakukan Kampung Deret," katanya.

Namun pemberlakukan tersebut baru bisa dilakukan pada tahun 2014 karena untuk anggaran pembangunan 2013 sudah tidak bisa dirubah lagi.

"Meski uangnya ada di anggaran perubahan, tapi peruntukkannya berbeda," katanya.

Dia menyebutkan bahwa titik tersebut merupakan inisiatif dari masyarakat. Dia bahkan melanjutkan bahwa untuk 100 titin pembangunan kampung deret tahun depan akan meminta masukan dari masyarakat.

"Tapi tetap harus kami lihat lapangannya," katanya.

Pada tahun ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun kampung deret di 38 titik. Sedangkan untuk target 2014, Jokowi menyebutkan akan membangun 100 titik kampung deret.

(Dny)

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013