Sebagai ibukota, DKI Jakarta harus menjadi pemimpin di semua sektor, tidak terkecuali olahraga."
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Jakarta, Rabu berharap agar kontingen tuan rumah DKI Jakarta bisa merebut kembali dominasi olahraga pelajar pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) yang akan digelar pada 15-25 September mendatang.

"Sebagai ibukota, DKI Jakarta harus menjadi pemimpin di semua sektor, tidak terkecuali olahraga. Saya berharap DKI Jakarta dapat merebut kembali gelar juara umum POPNAS. Kami siap memberikan dukungan untuk mencapai keinginan tersebut," kata Basuki yang lebih populer dengan panggilan Ahok saat mengukuhkan kepengurusan Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) DKI Jakarta priode 2012-2016 di Balai Kota Jakarta.

Basuki mengakui bukanlah hal mudah untuk mencapai misi meraih gelar juara bila tidak didukung oleh manajemen organisasi yang baik dan solid.

"Tanpa dukungan organisasi yang mumpuni tidak mungkin prestasi bisa dicapai secara maksimal. Jangan ada friksi di tubuh organisasi. Harus diingat, atlet pelajar adalah cikal bakal atlet nasional dan itu harus dibina secara baik," katanya.

Pada Popnas 2011 lalu, kontingen DKI Jakarta harus puas berada di peringkat kedua setelah Jawa Timur dan gagal menjadi yang terbaik dalam empat event terakhir.

Sementara itu Ketua Bapopsi DKI Jakarta Firmansyah usai pengukuhan mengatakan, tugas kepengurusan yang dipimpinnya periode ini sangat berat. Selain bertangggung jawab membawa kembali gelar juara umum Popnas yang sudah empat kali lepas, mereka juga harus berusaha untuk mengembangkan pola pembinaan berjenjang yang lebih baik dan maju.

"Kita sama-sama tahu, atlet pelajar merupakan dasar pembinaan seorang atlet nasional. Di periode ini, jika salah mengarahkan maka potensi yang muncul akan terbuang sia-sia. Kita tidak ingin seperti itu dan misi kami adalah mencetak atlet berprestasi di bidang olahraga dan akademis," kata Firmansyah yang juga menjabat Kabag Kepemudaan Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI.

Menurut Firmansyah, Bapopsi DKI Jakarta telah menyusun program kerja selama empat tahun dan berharap semuanya bisa berjalan dengan baik jika didukung kepengurusan yang solid.

(a032/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013