Jakarta (ANTARA News) - Heboh ibu-ibu hamil yang ingin melakukan persalinan pada tanggal 'cantik' (12 Desember 2012) dengan memesan tanggal persalinan, belum tentu didukung tenaga medis dan rumah sakit bersalin.  

Kepada ANTARA News, dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Tambak Dr. J. Mila Hardiani Sp.A., mengakui memang relatif banyak ibu hamil yang memesan tanggal cantik untuk persalinan melalui proses sesar, mengingat usia kandungannya dirasa sudah cukup untuk persalinan.

"(Namun) Tiap rumah sakit memiliki kebijakan yang berbeda, bisa jadi semua tergantung tenaga medis yang tersedia dan kesediaan ruang operasi," ujar Mila di Jakarta, Rabu.

Mila mengatakan, semua tetap harus kembali atas ijin dokter kandungan karena usia minimum untuk kelahiran janin adalah 38 minggu.

"Dokter pun tidak akan memberi ijin bila belum mencapai usia itu. Untuk keadaan darurat boleh pada minggu ke-37, tapi itu pun riskan karena janin belum benar-benar matang dan siap," ujar Mila.

Mila sendiri memandang pemilihan tanggal cantik untuk persalinan tidak terlalu berlebihan.

"Saya sendiri tadi pagi menangani dua persalinan dan dijadwalkan dua persalinan untuk sore ini, tidak tahu bagaimana dengan dokter lain," ujar Mila.

Namun, berdasarkan sepengetahuan Mila, tak ada kenaikan berarti persalinan di RSIA Tambak akibat tanggal 'cantik' ini.

(M048)

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012