sebaiknya bayi lahir sesuai dengan waktunya sendiri secara alami
Jakarta (ANTARA News) - Banyak orang tua yang ingin anaknya lahir pada 12 Desember 2012 (12.12.12) karena dianggap sebagai angka yang cantik, sehingga tidak jarang para ibu hamil memesan tanggal ini untuk kelahiran anak mereka.

"Ada ibu hamil yang memesan tanggal cantik untuk kelahiran anak mereka dan biasanya dilahirkan dengan proses sesar," ujar dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Tambak Dr. J. Mila Hardiani Sp.A.

Mila mengatakan dokter kandungan biasanya memberi ijin untuk memesan tanggal kelahiran anak, bila usia janin sudah mencapai 38 minggu.

Pada usia ini, janin dianggap sudah matang dan siap. Sehingga sebaiknya jangan terpaku pada tanggal 'cantik' saat ibu hamil akan melahirkan.

"Namun sebaiknya bayi lahir sesuai dengan waktunya sendiri secara alami. Kalaupun dalam keadaan darurat, bayi dengan aman dapat dilahirkan pada usia 37 minggu," kata Mila.

Sebelum 38 minggu, bayi dianggap belum matang karena beberapa organ dalam tubuhnya belum sempurna terbentuk.

"Meskipun jantung sudah siap, namun paru-paru bayi masih belum matang dan sangat lemah," ujar Mila.

Lebih lanjut Mila menjelaskan bahwa bayi yang lahir dengan paru-paru belum sempurna akan mengalami gangguan pernapasan.

Napas bayi cenderung menjadi cepat, sehingga bayi mengalami sesak napas. "Ini akan sangat membahayakan bayi," imbuh Mila.
(M048)

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2012