... memberikan perusahaan MiG kontrak senilai 900 juta dolar Amerika Serikat untuk memodernisasi semua dari 69 MiG-29 India... "
Moskow (ANTARA News) - Tiga pertama jet tempur MiG-29UPG Fulcrum  telah dikirim ke India berdasarkan kontrak modernisasi armada pesawat tempur itu dalam tugas pada Angkatan Udara India (IAF).

"Perusahaan MiG telah memulai pengiriman jet-jet tempur upgrade MiG-29UPG untuk Angkatan Udara India," kata perusahaan dalam satu pernyataan pada Senin.

"Tiga pesawat pertama diangkut ke India dengan pesawat transpor alat-berat AN-124 Ruslan," kata pernyataan itu.

IAF telah memberikan perusahaan MiG kontrak senilai 900 juta dolar Amerika Serikat untuk memodernisasi semua dari 69 MiG-29 India. Peningkatan ini termasuk kit avionik baru, dengan radar N-109 digantikan radar Zhuk-M Phazatron

Pesawat ini juga ditingkatkan kemampuan tempur dan pengisian bahan bakar udara-ke-udara untuk meningkatkan waktu terbang. Laik pelayanan pesawat juga dimodernisasi dengan diperpanjang sampai 40 tahun.

Enam pesawat pertama ditingkatkan kemampuannya di Rusia sedangkan 63 lainnya akan dipasang kembali di fasilitas HAL di India.

Pada tahun 2007, Rusia memberikan lisensi kepada India Hindustan Aeronautics Limited (HAL) untuk memproduksi 120 RD-33 seri tiga mesin turbojet guna peningkatan kemampuan.

"Kami bersiap-siap untuk melaksanakan pekerjaan pada bagian kedua dari kontrak, yang menyatakan modernisasi pesawat [MiG-29] di India dalam kerja sama yang erat dengan industri pertahanan India," kata dinas pers MiG. (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012