Hari ini masyarakat Kota Medan sudah dapat berobat dan menggunakan fasilitas kesehatan di RSUD H Bachtiar Djafar
Medan (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Bachtiar Djafar di Kecamatan Medan Labuhan Kota Medan Provinsi Sumatera Utara resmi beroperasi mulai Senin.
 
Peresmian secara simbolis sekaligus peluncuran Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB) dilakukan oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution beserta Wakil Wali Kota Aulia Rachman di Medan pada Senin.
 
"Hari ini masyarakat Kota Medan sudah dapat berobat dan menggunakan fasilitas kesehatan di RSUD H Bachtiar Djafar," kata Bobby saat peresmian.
 
Rumah sakit tipe C milik Pemerintah Kota Medan tersebut dilengkapi dengan fasilitas kesehatan seperti pelayanan IGD, laboratorium, radiologi, apoteker, rawat jalan (poliklinik), rawat inap, ICU, NICU dan PICU, kamar bedah serta ruang bersalin.

Baca juga: RSUD dr Pirngadi siap jadi rumah sakit rujukan stroke
 
Bobby berharap keberadaan rumah sakit tersebut dapat membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan, terutama yang bermukim di kawasan Medan bagian utara.
 
"Jangan sampai rumah sakit ini membuat masyarakat trauma baik itu dari sisi fasilitas maupun pelayanan. RSUD H Bachtiar Djafar harus menyehatkan masyarakat,” katanya.
 
Pada kesempatan itu, Bobby juga meminta dinas kesehatan agar segera mempersiapkan pelayanan program UHC JKMB di 41 puskesmas dan 48 rumah sakit yang ada. "Jadi ini adalah tugas kita berikutnya," katanya.

Baca juga: Wali Kota Medan tinjau kesiapan RSUD Medan Labuhan layani warga

Baca juga: Wali kota Medan janji segera evaluasi manajemen RSUD Pirngadi
 
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022