Minahasa Tenggara (ANTARA) - Kepolisian Resort (Polres) Minahasa Tenggara, Polda Sulawesi Utara, berhasil mengamankan tiga orang pelaku pencurian spesialis hewan ternak.

"Kami telah berhasil mengamankan pelaku pencurian hewan ternak sapi, berdasarkan laporan dari masyarakat serta melalui pengembangan yang telah kami lakukan," kata Kapolres Minahasa Tenggara Feri Sitorus di Ratahan, Senin.

Ia mengungkapkan, pihaknya menindaklanjuti sembilan laporan dari masyarakat dengan total sapi yang telah dicuri berjumlah 32 ekor di 18 tempat kejadian perkara.

Aksi pencurian tersebut, kata Feri, dilakukan di sejumlah perkebunan warga yang ada di beberapa daerah seperti Kabupaten Minahasa Tenggara, Minahasa, dan Bolaang Mongondow Timur.

"Saat mengamankan para pelaku ini, anggota kami terpaksa melakukan tindakan tegas namun terukur karena pelaku berupaya melarikan diri dan melawan petugas," jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini barang bukti berupa sapi dua ekor yang belum sempat dijual, serta kendaraan milik tersangka telah diamankan di Polres Minahasa Tenggara.

Para pelaku pencurian tersebut disangkakan pasal 363 KUHP, tentang pencurian hewan ternak junto pasal 55 dan pasal 64.

"Kami akan terus melakukan pengembangan terkait kasus ini, untuk mencari pihak lainnya yang ikut terlibat," kata Feri.

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022