Shijiazhuang, China (ANTARA) - Sejumlah arkeolog menemukan sebuah epitaf yang berasal dari tahun 757 pada masa Dinasti Tang (618-907) di Provinsi Hebei, China utara.

Ditemukan di rumah seorang petani, peninggalan tersebut diidentifikasi oleh para arkeolog yang tengah melakukan penyelidikan terhadap sejumlah peninggalan budaya rakyat di Desa Yanghuangying di wilayah Linxi.

Berukuran panjang dan lebar 40 cm serta tebal 15 cm, epitaf itu terbuat dari batu biru (bluestone), dengan gambar zodiak China atau shio dari tubuh manusia dan kepala hewan terukir di sekitarnya, menurut departemen perlindungan peninggalan budaya Linxi.

Epitaf tersebut mencatat secara rinci kisah hidup pemilik makam, silsilah keluarga pemilik makam, serta nama dan posisi resmi leluhur mereka.

Wan Wenli, seorang peneliti sejarah dan budaya lokal, mengatakan bahwa penemuan itu memberikan bahan sejarah pendukung untuk mempelajari posisi resmi lokal Dinasti Tang, dan juga memiliki nilai referensi sejarah yang penting untuk memahami budaya dan adat pemakaman keluarga ternama pada masa itu.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2022