Baubau, Sultra (ANTARA News) - Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara (sultra) kembali memiliki Seorang Sultan, setelah masa jabatan Sultan terakhir diduduki oleh Sultan Muhammad Falihi yang menjabat (1973-7960 Masehi).

Bhonto Ogena Sukanaeo, Sirajudin Anda, di Baubau, Sabtu, mengatakan, Kesultanan Buton terakhir dipimpin oleh Sultan Muhamad Falihi sekitar 51 tahun silam. Dan saat ini yang terpilih sebagai Sultan di Kerajaan Kesultanan Buton yaitu La Ode Muhammad Jafar.

"La Ode Muhammad Jafar akhirnya terpilih menjadi Sultan Buton melalui tahapan setelah diumumkan oleh Kapitalao di Baruga Mesjid Agung Keraton Kesultanan Buton Jumat dini hari (2/12)," katanya.

Ia menambahkan, terpilihnya La Ode Muhammad Jafar SH telah melalui serangakain tahapan dan akhirnya memenuhi seluruh kriteria baik yang telah ditetapkan oleh Siolimbona maupun persyaratan melalui kebatinan yang sudah disyaratkan dalam hasil fali.

"Setelah terpilihnya H La Ode Muhammad Jafar, Jumat sore (2/12) kemarin juga telah dilakukan kegiatan yang intinya pemberian ucapan selamat kepada Sultan terpilih di rumah kediamannya," tambahnya.

Sirajudin menjelaskan, tahapan selanjutnya yang akan dilaksanakan yakni prosesi adat untuk pelantikan yang nantinya akan disesuaikan dengan persiapan dan kesiapan.

"Karena untuk melaksanakan itu tidak semudah yang kita harapkan dan persiapannya cukup panjang dan insyaallah dalam waktu yang tidak terlalu lama kita sudah akan programkan dan tetapkan pelantikannya yang juga akan disesuaikan dengan kesiapan dan persiapan," ungkapnya.

Terkait gelar untuk Sultan terpilih, lanjut Bhonto Ogena Sukanaeo tersebut, belum bisa diberikan karena masih menunggu tahapan pelantikan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Kita harapkan semuanya bisa berjalan dengan lancar. Proses pelantikan akan dilakukan di depan Masjid Agung Keraton Buton," tutupnya. (ANT-175)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011