Bogor (ANTARA News) - Pembalap sepeda Chandra Rafsanjani berhasil menyumbangkan medali emas ketiga dari nomor "cross country" putra untuk Indonesia pada SEA Games XXVI di Sentul City, Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Chandra yang mengenakan nomor punggung satu tersebut berhasil mencapai garis finish dengan catatan satu jam 29 menit delapan detik (01:29:08).

Medali perak juga direbut pembalap sepeda Indonesia, yaitu Bandi Sugito dengan catatan waktu satu jam 30 menit 10 detik (01:30:10).

Kemudian medali perunggu direbut pembalap Filipina, Nino Surban dengan catatan waktu satu jam 35 menit 27 detik (01:35:27).

Sebenarnya peringkat ketiga direbut pembalap Indonesia, Dadi Nurcahyadi dengan catatan waktu satu jam 31 menit 34 detik (01:31:34), tetapi akhirnya diberikan kepada peringkat keempat yang ditempati pembalap Filipina tersebut.

Berdasarkan aturan dalam sebuah event olahraga multievent, tidak boleh satu negara menempati atau meraih medali emas, perak, dan perunggu dalam satu nomor sehingga medali perunggu diberikan kepada pembalap peringkat keempat yang kebetulan ditempati atlet Filipina.

Pada nomor "cross country" ini menempuh jarak sejauh 24,3 kilometer yang terbagi dalam enam laps dengan panjang satu lap adalah 4,05 kilometer.

Chandra Rafsanjani mengatakan, dirinya merasa bersyukur bisa meraih medali emas pada pesta olahraga multievent antarnegara Asia Tenggara ini.

"Sejak awal saya memang memasang target meraih emas mengingat gelaran SEA Games ini dimainkan di Indonesia," katanya.
(H015)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011