Jakarta (ANTARA News) - Mahasiswa Indonesia yang kuliah di China dan diberangkatkan melalui BLCI Mangga Dua Square Jakarta, baru-baru ini mengunjungi pabrik mobil BMW Billian Automotive Ltd serta pabrik pesawat terbang Shenyang Aircraft Corporation (SAC) di Kota Shenyang.

Mahasiswa Indonesia yang kuliah di Shenyang Aerospace University (SAU) China mengunjungi dua perusahaan terkemuka yang berada di Provinsi Liaoning, China tersebut karena mereka nantinya akan magang kerja di tempat itu.

"Kedua Pabrik tersebut merupakan salah satu tempat mahasiswa SAU untuk magang termasuk bagi mahasiswa Indonesia," kata Ir Samuel Wiyono MBA dari BLCI Mangga Duia Square, Senin, sehubungan akan diadakannya Pameran Pendidikan China ke-13 di Jakarta yang diantaranya akan diikuiti SAU.

Menurutnya, SAU merupakan universitas pemerintah multidisiplin yg berdiri sejak 1952 di Shenyang ibukota provinsi Liaoning, China.

Selain memberikan kesempatan magang kerja, SAU juga menawarkan uang kuliah yang terjangkau misalnya uang kuliah gelar S1 dengan menggunakan pengantar bahasa Inggris hanya berkisar Rp23 jutaan per tahun.

“Sudah sewajarnya mahasiswa diberikan kesempatan untuk menerapkan ilmu yg didapatkan ke dalam dunia kerja seperti program magang di SAU ini sehingga akan berguna nantinya,” ujar Samuel di kantor BLCI Mangga Dua Square sepulang mengantar siswa ke China.

“Mahasiswa sangat terkesan setelah melihat langsung tempat dan fasilitas mereka magang nantinya dan mereka yakin lebih siap untuk terjun ke dunia kerja setelah lulus kuliah,” ujarnya

Pengantar Inggris

Kebanyakan mereka mengikuti program gelar S1, disamping ada pula yang hanya belajar bahasa Mandarin saja. Mereka umumnya kuliah gelar S1 Program studi International Trade Economics, Mechatronics, Telecommunication Engineering dan Aeronautics yang perkuliahanya mengggunakan pengantar bahasa Inggris.

“Jadi mahasiswa Indonesia yg belum menguasai Mandarin dapat langsung kuliah program gelar S1 tanpa harus belajar Mandarin dahulu. Namun mereka juga akan mendapatkan pelajaran Mandarin dalam kurikulumnya,” ujarnya.

“Dengan demikian waktu kuliah lebih singkat dan biaya lebih hemat. Selain itu mahasiswa diharapkan mampu menguasai bahasa Mandarin dan Inggris sekaligus nantinya, sebagai lulusan yg berkaliber internasional,” ujarnya.

Dalam Pameran Pendidikan “13th China Education Fair”, selain SAU juga dihadiri perguruan tinggi terkemuka China lainnya, dan beberapa diantaranya juga menawarkan kesempatan magang kerja di China.

Pameran itu akan diselenggarakan 5 dan 6 November di Mangga Dua Square Jakarta, di Hotel Horison Semarang 9 hingga 10 November dan di Hotel Tunjungan Surabaya pada 12-13 November.

“Pada pameran nanti SAU menawarkan gratis biaya aplikasi dan beasiswa langsung asrama bagi mahasiswa yang belajar bahasa Mandarin jika mendaftar pada saat pameran berlangsung serta memenuhi syarat,” jelas Samuel, selaku penyelenggara pameran.

(S026)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011