Jakarta (ANTARA News) - ATPM PT Isuzu Astra Motor Indonesia di ajang IIMS Jumat (22/7) memperkenalkan varian medium duty truck, Isuzu GIGA, untuk menjawab perkembangan ekonomi dan industri Indonesia.

Isuzu GIGA merupakan varian model F series yang diluncurkan untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan pasar terhadap truk medium seiring membaiknya pertumbuhan industri yang berkaitan dengan transportasi dan distribusi barang.

Di Indonesia, Isuzu menawarkan 5 model dan 10 varian GIGA untuk memenuhi beragamnya kebutuhan konsumen di pasar truk medium. Pada IIMS tahun ini Isuzu menampilkan GIGA FVZ dan FRR, sedangkan tiga model lainnya akan dikenalkan dalam waktu dekat.

GIGA dilengkapi mesin heavy duty common rail yang sudah disesuaikan untuk kondisi Indonesia dan setelah melalui serangkaian tes dan ujicoba, Isuzu menyebutnya mobil bermesin diesel yang tangguh, irit bahan bakar, serta ramah lingkungan.

"Dengan memperkenalkan Isuzu GIGA, merupakan bukti keseriusan Isuzu dalam berkiprah di segmen kendaraan komersil di Indonesia. Portfolio produk isuzu makin lengkap setelah sebelumnya berkiprah di truk ringan dengan Isuzu ELF sebagai produk andalan," kata Yohannes Nangoi, Presiden Direktur Isuzu Astra Motor Indonesia.

Isuzu, menurut Yohannes, menargetkan bisa menjual 600 unit GIGA hingga akhir tahun ini dan berharap meningkat menjadi 1.400 unit pada tahun depan.

GIGA sudah menguasai market share nomor 1 di banyak negara Asia, Australia, Oceania, Arab dan Afrika, Amerika Utara dan selatan, serta Eropa. Sejak tahun 2000 lalu, Isuzu F series telah mendapatkan tempat pertama di segmen medium truk di Jepang.

Medium truk GIGA yang dipasarkan seharga Rp640 juta off the road itu bermesin 4HK1-TCC berkapasitas 5.193 cc bertenaga maksimal 190 PS yang dicapai dalam rpm 2.600 dengan torsi maksimal 52kgm yang dicapai pada rpm 1.600-2.600.

Diklaim irit bahan bakar berkat teknologi heavy duty common rail, yaitu sistem pengisian bahan bakar yang terdiri dari supply pump, common rail, dan injector.

Supply pump menyediakan bahan bakar bertekanan tinggi (high-presure fuel) pada common rail yang mengatur dan meneruska ke 4 injector serta menginjeksikan sesuai kebutuhan.

Di ajang IIMS 2011, Isuzu memamerkan D-max Mining Spec, Panther Grand Touring, ELF Microbus, ELF Dump truck, ELF Wide Bus, Isuzu Pick Up, dan dua varian F series GIGA.

Isuzu akan memberikan gift menarik bagi pembeli produk Isuzu selama pameran, selain berkesempatan mendapatkan hadiah langsung LCD TV 32 inchi, kamera digital, dan hadiah menarik lainnya.

(S026)
Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011