Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono mengalokasikan Rp576,8 miliar untuk Penataan Kawasan Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam rangka menyambut event MotoGP tahun 2022.

"Penataan Kawasan Mandalika di NTB dengan alokasi sebesar Rp576,8 miliar untuk menyambut event balap motor internasional MotoGP," ujar Menteri Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa.

Menurut Menteri PUPR, kegiatan tersebut meliputi Pembangunan Tahap II Jalan Bypass BIL - Mandalika, pelebaran Jalan Kuta – Keruak.

Selain itu Penataan Kawasan Mandalika juga meliputi penataan koridor Kawasan Mandalika, serta pembangunan pengendali banjir Kawasan Mandalika.

Sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan penataan Jalan Bypass BIL - Mandalika dalam rangka menyambut MotoGP 2022 harus mengedepankan estetika melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan sehingga lebih ramah lingkungan dan bisa menjadi contoh jalan nasional yang baik.

Penataan koridor Jalan Bypass BIL-Mandalika meliputi penanaman rumput dan pohon, antara lain bougenvile, tabebuya, ketapang kencana, dan pule di median jalan.

Selanjutnya penanganan jalur lambat melalui pengurukan tanah, penanaman rumput dan pohon, seperti jenis trembesi, angsana, pule, dan jati.

Jalan Bypass BIL - Mandalika sepanjang 17,3 km telah selesai dibangun dan dimanfaatkan untuk mendukung kelancaran event Superbike pada November 2021 lalu.

Penataan dilakukan Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat, Ditjen Bina Marga melalui kegiatan penghijauan dan penataan koridor jalan, termasuk frontage, bahu dan drainasenya.

Baca juga: MotoGP Mandalika dorong ekonomi pulih dan pembuktian bagi Indonesia

Baca juga: Kapolda NTB: temuan kasus Omicron tidak merubah skenario MotoGP

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022