Kalau lancar tanggal 1 Februari bisa peresmian
Garut (ANTARA) - Wakil Bupati Garut Helmi Budiman menyatakan Rumah Sakit Umum (RSU) Malangbong di pelosok utara Kabupaten Garut siap beroperasi Februari 2022, sehingga masyarakat tidak perlu ke RSUD Garut yang harus ditempuh sampai dua jam perjalanan.

"Bisa dimanfaatkan segera oleh masyarakat karena masyarakat sini sudah lama menginginkan rumah sakit karena bila harus ke Garut membutuhkan berapa jam, ke Bandung sama juga hampir dua jam perjalanan," kata Helmi Budiman di Garut, Selasa.

Ia menuturkan RSU Malangbong yang dibangun sejak 2017 itu sudah memasuki tahap penyelesaian, diperkirakan pada awal Februari 2022 sudah siap memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Malangbong maupun daerah sekitarnya.

Hasil peninjauan langsung ke RSU Malangbong itu, Helmi menyatakan masih ada beberapa peralatan medis yang harus disiapkan, dan semua itu akan dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Tunjangan karyawan RSUD Garut belum dibayar

Baca juga: Pasien COVID-19 di RSUD Garut nihil dan masih 11 isolasi mandiri


"Ada beberapa yang harus kita lengkapi, insya Allah kalau lancar tanggal 1 Februari bisa peresmian," katanya.

Ia menyampaikan RSU Malangbong itu merupakan harapan masyarakat sejak lama, karena selama ini masyarakat yang mau berobat jalan maupun yang dirujuk ke RSUD Garut dan Bandung harus menempuh perjalanan kurang lebih dua jam.

Adanya RSU Malangbong itu, kata dia, dapat memberikan pelayanan kesehatan secara cepat, meskipun saat ini baru memiliki kapasitas 60 tempat tidur atau masih Tipe D, dan ke depan akan berkembang menjadi Tipe C.

"Harus kita lengkapi, alkes juga sama kita lengkapi, kita tempat perawatannya sudah ada, nanti kita terus penuhi, jadi nanti kita ini sambil berjalan," katanya.

Terkait tenaga medis, kata dia, rencananya semua tenaga medis yang bertugas di puskesmas di wilayah Kecamatan Malangbong dipindahkan ke RSU Malangbong.

"Sekarang tenaga kesehatan yang di puskesmas semua diserahkan, dipindahkan," katanya.

Baca juga: RSUD Garut copot segel ruang fisioterapi

Baca juga: Pemkab Garut tambah tempat isolasi baru atasi lonjakan pasien COVID-19

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022