Jayapura (ANTARA) - Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano (BTM) mengatakan seorang warganya saat ini terpapar dan dinyatakan positif COVID-19 setelah melakukan perjalanan ke luar Papua.

"Memang benar ada seorang warga kota yang dinyatakan positif setelah melakukan perjalanan dari luar Papua dan saat ini sedang menjalani isolasi mandiri. Awalnya yang bersangkutan tidak bisa mencium bau dan mengalami pilek," kata BTM kepada ANTARA, Senin di Jayapura.

Wali Kota Jayapura berharap Bupati Jayapura lebih memperketat pemeriksaan terhadap penumpang yang turun di Bandara Sentani agar memutus penyebaran virus COVID-19 beserta variannya masuk.

"Saya sudah melakukan hal serupa dengan melakukan pemeriksaan cepat antigen khususnya terhadap penumpang kapal yang berasal dari luar Papua," kata BTM.

Baca juga: Pemkot Jayapura gencar vaksinasi COVID-19 guna hindari Omicron

Baca juga: Wali Kota Jayapura minta prokes di venue PON XX diperketat


Dia berharap warga Kota Jayapura selalu menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

"Gunakan dan jadikan masker sebagai kebutuhan di saat beraktivitas di luar rumah," ujar BTM seraya menambahkan selain itu pemkot juga terus menggelar gerai vaksinasi COVID-19.

Masyarakat yang belum divaksin COVID-19, hendaknya mendatangi gerai agar dapat divaksinasi agar kekebalan kelompok terbentuk.

Kasus COVID-19 di Kota Jayapura sejak tanggal 21 Desember 2021 nihil, namun Ahad (16/1), tercatat satu orang positif.*

Baca juga: Cakupan vaksin COVID-19 di Kota Jayapura capai 58,70 persen

Baca juga: BOR RS yang tangani COVID-19 di Kota Jayapura turun jadi 42,6 persen

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022