Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Malihat kendaraan yang ditumpangi ibu hamil mogok dan terjebak macet di ruas Simpang Ratu, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, seorang bintara anggota Polres Sukabumi, yakni Brigadir Polisi Dua Sandi Bagus, secara sigap membantu menyelamatkan nyawa ibu hendak melahirkan anaknya.

"Karena kesigapan Bripda Sandi Bagus yang bertugas di Polsek Caringin menyelamatkan seorang ibu yang hendak melahirkan, Polres Sukabumi sepakat memberikan penghargaan dan promosi kepada yang bersangkutan," kata Kepala Polres Sukabumi AKBP, Dedy Darmawansyah, di Sukabumi, Senin. 

Ia menyatakan itu di sela apel rutin sekaligus upacara penyerahan penghargaan kepada sejumlah personel berprestasi di halaman Markas Polres Sukabumi.

Baca juga: Jalan rusak, Mobil patroli polisi tolong ibu melahirkan di Cianjur

Menurut Darmansyah, anak buahnya itu pantas dan berhak mendapatkan penghargaan karena kecekatannya dalam memberikan bantuan kepada warga dan telah menjalankan tugasnya secara baik sebagai seorang polisi yang memiliki kewajiban memberikan bantuan dan pelayanan kepada masyarakat.

Kepolisian Indonesia memiliki motto Rastra Sewakottama yang bermakna "Polisi adalah Abdi Utama dari pada Nusa dan Bangsa". Di banyak unit pelayanan kemasyarakatan polisi, mata dapat secara mudah membaca tulisan "Melindungi dan Mengayomi" sebagai penanda tugas pokok polisi kepada warga.

Baca juga: Ditlantas Polda Metro berikan penghargaan 19 anggota berprestasi

Aksi Bagus itu, kata dia, patut diacungi, karena di saat kondisi darurat satu kendaraan yang ditumpangi ibu hamil yang hendak melahirkan itu tiba-tiba mogok dan terjebak kemacetan.

Tanpa berpikir panjang, Bagus langsung bertindak mendahulukan keselamatan nyawa seorang ibu dan anak dalam kandungannya dengan memindahkan dia menggunakan ojek dan mengawalnya hingga sampai ke rumah sakit.

Baca juga: Dedikasi polisi merah putih di wilayah pedalaman

Tidak hanya Bagus yang mendapatkan penghargaan melainkan juga sejumlah personel Polsek Cisolok dan Tim Sabhara Polres Sukabumi yang bersiaga di Pos Pengamanan Pantai Karangwahu. Mereka menyelamatkan nyawa anak yang merupakan wisatawan korban tenggelam di Pantai Karanghawu saat puncak libur dan cuti bersama Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Dedikasi para personel ini harus menjadi contoh dan penyemangat bagi seluruh personel Polri khususnya yang bertugas di lingkungan Polres Sukabumi, karena ketika bermamfaat dan berguna maka masyarakat akan mempercayai kita," katanya.

Baca juga: Anggota Polres Lombok Barat tolong ibu sedang hamil besar

Darmansyah mengatakan, atasan-atasan tidak akan segan memberikan berbagai penghargaan kepada setiap polisi yang berprestasi hingga promosi jabatan.

Namun sebaliknya jika melakukan pelanggaran, lalai akan tugasnya apalagi sampai merusak citra dan nama baik instansi kepolisian maka atasan-atasan tidak segan mengganjar dengan hukuman sesuai dengan peraturan serta perundang-undangan berlaku.

Baca juga: Polisi tolong warga bawa jenazah dapat penghargaan

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022