Jakarta (ANTARA) - Operator seluler Smartfren mencatat lalu lintas internet tinggi di wilayah peruamahan ketika musim Natal dan Tahun Baru 2022.

Dalam keterangan resmi, Smartfren menyatakan aktivitas menggunakan internet yang berpengaruh terhadap kenaikan lalu lintas internet pada musim liburan kemarin berupa akses aplikasi streaming (8 persen), game (6 persen) dan media sosial (11 persen).

Penggunaan internet di wilayah perumahan naik karena sebagian besar masyarakat berada di rumah saat musim libur, tidak mengadakan perjalanan ke luar kota.

Kenaikan lalu lintas internet operator tersebut secara nasional rata-rata 9 persen untuk periode Natal dan Tahun Baru 2022.

Menurut catatan mereka, lalu lintas tertinggi berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, berjumlah mencapai 10 persen dari lalu lintas hari biasa saat Natal dan mencapai 12 persen saat Tahun Baru 2022.

Peningkatan lalu lintas internet sesuai dengan prediksi mereka, Smartfren sebelumnya sudah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 15 persen untuk mengantisipasi libur Natal dan Tahun Baru.

"Selain antisipasi untuk lonjakan traffic internet Natal dan Tahun Baru, Smartfren secara rutin terus melakukan optimasi dan peningkatan kapasitas jaringan," kata Wakil Direktur Operasi Jaringan Smartfren, Agus Rohmat.

Tidak hanya di wilayah Jabodetabek, kenaikan lalu lintas internet yang signifikan juga terjadi di wilayah Jawa Tengah, rata-rata 9 persen dibandingkan hari biasa.

Baca juga: Smartfren tingkatkan kapasitas jaringan jelang Natal

Baca juga: Data center dinilai sebagai tulang punggung bagi industri digital

Baca juga: Smartfren tingkatkan kapasitas jaringan untuk PPKM Darurat

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022