Solok (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Padang, Sumatera Barat, menyalurkan bantuan pangan gratis untuk warga prasejahtera yang membutuhkan di kota itu melalui kegiatan Operasi Pangan Gratis.

Kepala Cabang ACT Padang, Aan Saputra di Padang, Selasa, menyatakan bantuan yang diberikan ke warga prasejahtera berupa beras lima kilogram dan minyak goreng satu liter per orangnya dengan total penerima manfaat sekitar 600 orang yang telah didata oleh tim ACT Padang.

Ia mengatakan penyerahan bantuan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan sosial untuk membantu masyarakat prasejahtera yang terdampak pandemi COVID-19.

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Padang dan Perum Bulog Kanwil Sumbar.

Baca juga: ACT penuhi kebutuhan beras gratis untuk masyarakat di Payakumbuh

Baca juga: Hanya bergaji Rp60 ribu, seorang guru di Solok jualan kerupuk keliling


"Ditambah lagi saat ini sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu meringankan beban warga di masa sulit saat ini," ujar dia.

Ia juga menyebutkan bantuan yang disalurkan tersebut berupa 300 kilogram beras dan 720 liter minyak goreng untuk warga prasejahtera serta para pedagang kaki lima yang juga terdampak pandemi COVID-19 di Kota Padang.

Rata-rata masyarakat penerima bantuan tersebut merupakan pelaku usaha kaki lima yang terdampak pandemi COVID-19. Bantuan tersebut langsung diserahkan ke rumah mereka masing-masing.

“Terima kasih atas kepercayaan publik dan juga pemerintah kepada ACT untuk terus bersama warga dalam membantu sedikit demi sedikit perekonomian masyarakat prasejahtera, Insyaa Allah ini menjadi semangat bagi kami untuk terus ikhtiar menjaga amanah para dermawan," kata dia.

Ia juga mengatakan Operasi Pangan Gratis dilakukan sebagai bentuk komitmen ACT untuk terus bersama masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 terutama di bidang ekonomi.

Di samping itu, Kepala Perum Bulog Kanwil Sumbar Tommy Despalingga mengatakan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial Perum Bulog sebagai perusahaan terhadap masyarakat sekitar atau daerah yang menjadi wilayah kerjanya serta respon atas kenaikan beberapa harga bahan pokok.

"Kami menjalin kerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Padang sebagai lembaga penyalur bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk membantu masyarakat," ujar dia.

Menurut dia, program tersebut merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial Perum Bulog Kanwil Sumbar sebagai perusahaan terhadap masyarakat sekitar atau daerah yang menjadi wilayah kerjanya.*

Baca juga: ACT cabang Solok deklarasikan KKIPP dukung kemerdekaan Palestina

Baca juga: ACT Sumbar kirimkan 10 ton pangan dan logistik ke Mentawai

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022