sekarang ada sebanyak 25.541 anak yang sudah divaksin
Solo (ANTARA) - Vaksinasi COVID-19 untuk anak kelompok usia 6-11 tahun di Solo hingga saat ini sudah mencapai 56,69 persen seiring dengan percepatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta.

"Semua masih dosis satu, hari ini juga sudah mulai pemberian vaksin untuk siswa kelas satu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Surakarta Siti Wahyuningsih di Solo, Jawa Tengah, Senin.

Meski demikian, dikatakannya, untuk siswa kelas I sekolah dasar (SD) yang menerima vaksin ini belum terlalu banyak karena harus berjarak dengan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

Baca juga: Pemkot Surakarta siap lakukan vaksinasi anak di bawah 12 tahun

"Kalau vaksin untuk siswa kelas III, IV dan V sudah selesai. Tinggal yang kemarin sakit tetap kami sisir. Kalau sekarang ada sebanyak 25.541 anak yang sudah divaksin," katanya.

Menurut dia, sejauh ini juga tidak ditemukan kendala pada program vaksinasi tersebut. Ia mengatakan selalu menekankan kepada para siswa agar tidak takut dengan suntikan vaksin.

Ia mengatakan psikologi anak harus diperhatikan dengan menumbuhkan kesadaran bahwa jika ingin sehat maka harus vaksin. Dengan demikian, diharapkan para siswa tidak terpaksa menjalani program tersebut.

Baca juga: Solo mulai lakukan vaksinasi dari rumah ke rumah

Baca juga: Solo terus kebut vaksinasi meski capaian sudah lebih dari 100 persen


"Nggak apa-apa, mereka sudah biasa di BIAS, makanya jangan sampai takut. Psikologi anak harus diperhatikan, kemarin dapat MR, DT, kelas satu kan suntiknya sudah dua kali, ini nanti ditambah COVID-19 juga dua kali," katanya.

Sementara itu, mengenai adanya kejadian ikutan pascaraimunasi (KIPI), dikatakannya, sejauh ini tidak terjadi di Kota Solo.

"Alhamdulilah di tempat saya (Solo) tidak ada, mudah-mudahan tidak ada terus. Anak-anak ini juga nggak takut. PAUD juga sudah mulai, nyenengke, nggak ada yang nangis," katanya.

Baca juga: Menkes minta daerah sekitar Solo segera tingkatkan capaian vaksinasi

Baca juga: Vaksinasi anak 6-11 tahun di Kulon Progo capai 77,75 persen


 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022