Denver (ANTARA) - Dua orang masih dinyatakan hilang setelah kebakaran hutan yang dipicu hembusan angin di dua kota di Boulder County, Colorado, yang mendorong ribuan orang dievakuasi dan menghancurkan hampir 1.000 rumah, demikian menurut pihak berwenang, Minggu (2/1).

Satu dari tiga orang yang diperkirakan hilang pada Sabtu, telah ditemukan, kata Sherif Boulder County Joe Pelle saat konferensi pers pada Minggu.

"Pertama dan terpenting terkait nyawa, kami telah menyelamatkan satu orang dan sekarang dua (hilang)," katanya.

Para pejabat awalnya mengatakan tidak ada laporan korban jiwa menyusul kebakaran hutan perkotaan yang langka yang membara pada Kamis di pinggiran utara wilayah metropolitan Denver.

Para pejabat awalnya mengatakan tidak ada laporan korban jiwa atau warga yang hilang menyusul kebakaran hutan langka yang meletus Kamis pagi di pinggiran utara wilayah metropolitan Denver.

Hembusan angin Kamis dengan kecepatan lebih dari 100 mil per jam (160 kph) mendorong api ke arah timur ke kota Superior dan Louisville, mendorong evakuasi kedua komunitas itu.

Dalam waktu sekitar dua jam, api telah menghanguskan 6.000 are, kata para pejabat. Api kadang-kadang melaju sepanjang lapangan sepak bola dalam hitungan detik.

Pelle mengatakan dua orang yang hilang, yang tidak disebutkan namanya, tinggal di rumah yang habis dilalap api.

Pelle mengatakan 991 rumah di Superior, Louisville dan di bagian yang tak masuk kawasan itu telah hancur, menjadikannya kebakaran paling merusak dalam sejarah negara bagian dari aspek tempat tinggal yang hilang.

Pada Minggu, para wakil sherif menggunakan anjing pelacak, mengendus dari rumah ke rumah untuk mencoba mendeteksi korban tewas, kata Pelle.

Para pejabat awalnya mengatakan percikan api dari kabel listrik yang jatuh yang diakibatkan oleh angin kencang mungkin telah memicu kebakaran. Tapi inspeksi oleh perusahaan utilitas Xcel Energy tidak menemukan jalur yang rusak atau jatuh di dekat sumber api yang dipercaya sebagai sumber kebakaran..

Pelle mengatakan para detektif sedang menyelidiki semua jalan untuk menentukan apa yang memicu kebakaran itu.

Presiden AS Joe Biden telah menyatakan peristiwa itu sebagai bencana nasional, seraya membebaskan dana federal untuk membantu orang-orang yang terkena dampak dan membantu upaya pemulihan bisnis.

Gubernur Jared Polis mengatakan pada Minggu, "Saya tahu ini adalah masa yang sulit dalam hidup Anda... Kami akan membangun kembali lebih kuat, karena kita adalah Colorado yang kuat."

Sumber: Reuters
Baca juga: Kebakaran Hutan di Colorado Ancam Pemukiman Penduduk
Baca juga: Ancaman kebakaran semakin meningkat di seluruh California
Baca juga: Sebagian besar kebakaran hutan di AS akibat ulah manusia

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022