Fasilitas yang disediakan meliputi, toilet, tempat cuci tangan hingga kamar mandi, untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi akan sanitasi yang layak
Jakarta (ANTARA) - PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) membangun fasilitas sanitasi menggunakan teknologi modular bernama MOBOX untuk membantu penanganan bencana di kawasan kaki Gunung Semeru, Jawa Timur.

Corporate Secretary ADHI Farid Budiyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, mengatakan fasilitas sanitasi yang dibangun menggunakan teknologi MOBOX diharapkan mampu memenuhi kebutuhan di kawasan pengungsian bencana Semeru yang padat, sulit dijangkau dan memiliki keterbatasan akses.

"Fasilitas yang disediakan meliputi, toilet, tempat cuci tangan hingga kamar mandi, untuk memenuhi
kebutuhan para pengungsi akan sanitasi yang layak," katanya.

Titik-titik lokasi pengungsian yang telah dibangun fasilitas sanitasi MOBOX di antaranya Desa Candipuro, Desa Pasirian dan Desa Condro.

MOBOX mampu berdiri di lokasi dengan keterbatasan akses dikarenakan bahannya yang ringan dan pembangunannya yang mudah, sehingga mampu dikerjakan dengan cepat tanpa bantuan alat berat.

MOBOX sendiri pernah menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Pembangunan Kantor Sistem Modular Tercepat tanpa Menggunakan Alat Berat di Indonesia di area
proyek pembangunan fasilitas EPC dari JIPE Manyar di Gresik, Jawa Timur.

Gedung tersebut dibangun hanya selama 20 jam. Dalam fasilitas tersebut MOBOX dapat menyediakan fungsi ruang meeting, ruang kerja, kamar mandi, pantry dengan kenyamanan yang setara dengan perkantoran lainnya.

Tidak hanya kemudahan, namun juga kebermanfaatan yang maksimal yang ditawarkan oleh MOBOX dari ADHI.

Selain membangun fasilitas sanitasi, ADHI juga membangun kembali kembali prasarana jalan dan jembatan, pembersihan puing-puing, hingga penyediaan fasilitas umum untuk warga terdampak, khususnya di daerah Lumajang dan sekitarnya.

Baca juga: PTSI dan Adhi Karya berkolaborasi melalui fasilitas pengelolaan limbah

Baca juga: Adhi Karya optimistis kontrak baru hingga akhir tahun tumbuh 20 persen
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021