Ambon (ANTARA) - Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, dan istri, Diah Erwiany, akan meninjau proses pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 yang digelar di Lapangan Merdeka, Ambon, Maluku, sekitar pukul 09.00 WIT Kamis.

Wakil Kepala Penerangan Kodam XVI/Pattimura, Letnan Kolonel Infantri Ahmad Rifai, saat dikonfirmasi di Ambon, Rabu, membenarkan kedatangan pucuk pimpinannya itu yang akan meninjau langsung proses pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 di Lapangan Merdeka.

Kegiatan vaksinasi gratis tersebut merupakan sinergi dan kerja sama pemerintah Provinsi Maluku dengan TNI/Polri yang ditargetkan kepada ribuan warga.

Baca juga: Ketua MPR dukung kebijakan Panglima TNI di Papua

"Besok pagi Pak Panglima TNI akan meninjau langsung proses pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada warga yang digelar di Lapangan Merdeka," ucap Rifai.

Perkasa dan istrinya serta rombongan tiba di Pangkalan Udara TNI AU Pattimura, siang tadi, sekitar pukul 14.36 WIT menggunakan pesawat TNI AU bernomor registrasi A-7307.

Kedatangan mereka disambut Gubernur Maluku, Murad Ismail, dan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, bersama sejumlah pejabat tinggi lainnya, di antaranya Plh Sekda Maluku, Sadali Ie, dan Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury.

Baca juga: Panglima TNI: Oknum TNI terlibat bentrok dengan Polri diproses hukum

Turut menyambut juga Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayor Jenderal TNI Bambang Ismawan, Kepala Polda Maluku, Inspektur Jenderal Polisi Refdi Andri, Komandan Pangkalan TNI AU Pattimura, Kolonel Pnb Andre Dhewo, Komandan Korem 151/Binaiya, Brigadir Jenderal TNI Arnold Ritiauw dan Kepala BIN Daerah Maluku, Brigadir Jenderal TNI Jimmy Aritonang.

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19, pada kunjungan kerja pertamanya di Provinsi Maluku, Perkasa dijadwalkan akan melaksanakan beberapa agenda kegiatan di Ambon hingga Kamis, 9 Desember 2021.

Baca juga: Upaya TNI dalam merangkul kelompok bersenjata di Papua

Untuk hari pertama, dia menggelar pertemuan tertutup dengan komandan-komandan Korem dan Dandim, komandan satuan tugas pengamanan daerah rawan dan satuan tugas pengamanan pulau terluar beserta komandan pos mereka di Markas Kodam XVI/Pattimura, lalu meninjau fasilitas Markas Pangkalan Utama TNI AL IX/Ambon.

Sementara istrinya akan melaksanakan kegiatan berbagi kasih dengan kurang lebih 70 lansia dari Negeri Amahusu, dan meninjau galeri keterampilan anggota organisasi istri TNI, yakni Persit Kartika Chandra Kirana, Jalasenastri, dan PIA Ardhya Garini, kemudian menyaksikan hiburan anak-anak sekolah menampilkan musik traditional Maluku.

Baca juga: Kemarin, Mahfud MD-Panglima TNI bahas Papua hingga hukuman koruptor

Sedangkan untuk hari kedua kunjungan kerjanya, Perkasa dan istri akan meninjau fasilitas pangkalan TNI AU, di antaranya adalah Klinik Pangkalan Udara TNI AU Pattimura dan asrama personel Bawah Kendali Operasi Korps Pasukan Khas TNI AU, setelah itu keduanya akan berangkat menuju Bandara Sultan Babullah, Ternate, Maluku Utara.

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021