INKA kirim relawan kesehatan untuk korban letusan Gunung Semeru

INKA kirim relawan kesehatan untuk korban letusan Gunung Semeru

PT INKA (Persero) mengirimkan relawan tenaga kesehatan untuk membantu penanganan medis para korban yang terdampak erupsi atau letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawab Timur. ANTARA/HO-Humas PT INKA

Madiun (ANTARA) - PT INKA (Persero) mengirimkan sejumlah relawan di bidang kesehatan untuk membantu penanganan medis para korban terdampak erupsi atau letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawab Timur.

Senior Manager Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, CSR, dan Stakeholder Relationship PT INKA (Persero) Bambang Ramadhiarto mengatakan relawan tenaga kesehatan tersebut sudah berangkat sejak Senin (6/12) serta akan bertugas di sekitar area pengungsian bencana, yakni di Desa Penanggal Kabupaten Lumajang selama beberapa hari.

"PT INKA menerjunkan para relawan yakni tenaga kesehatan untuk membantu penanganan medis di area bencana Gunung Semeru. Selain itu, INKA juga membantu pendirian tenda pos kesehatan guna disiagakan untuk para pengungsi erupsi Gunung Semeru," ujar Bambang Ramadhiarto dalam keterangannya di Madiun, Selasa.

Menurut dia, atas arahan Kementerian BUMN, PT INKA dan perusahaan yang lain bergerak cepat untuk membantu para korban dengan mewujudkan bantuan berupa sembako dan logistik lainnya yang dikoordinasikan dengan BUMN yang lain.

"Seluruh BUMN bergerak cepat untuk membantu korban yang terdampak erupsi Gunung Semeru," kata dia.

Pihaknya berharap bantuan dan relawan yang disiagakan di area bencana dapat membantu para korban yang terdampak, sehingga para korban cepat pulih seperti sedia kala.

Pada Sabtu (4/12/2021) sore terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru yang mengeluarkan awan panas guguran (APG) dan berdampak pada daerah di sekitar gunung setinggi 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut.

Ratusan warga terpaksa harus mengungsi ke berbagai tempat aman untuk menghindari awan panas dari gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu.

Jumlah korban meninggal terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mencapai 34 orang hingga Selasa (7/12/2021) siang.
Baca juga: Ketua MPR RI dukung operasi penanganan darurat erupsi Semeru dari BNPB
Baca juga: Jokowi beri santunan keluarga korban meninggal dunia dampak Semeru
Baca juga: Tagana DKI Jakarta salurkan bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru
Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021