Dinkes Rejang Lebong siapkan "doorprize" vaksinasi COVID-19

Dinkes Rejang Lebong siapkan

Peserta vaksinasi COVID-19 digerai vaksin presisi Polres Rejang Lebong menerima menerima hadiah yang telah disiapkan Polres Rejang Lebong. ANTARA/ HO - Humas Polres Rejang Lebong.

Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyiapkan undian berhadiah (doorprize) bagi peserta yang akan mengikuti vaksinasi COVID-19 .

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syahfawi di Rejang Lebong, Senin, mengatakan berbagai upaya terus mereka lakukan guna meningkatkan capaian vaksinasi di Kabupaten Rejang Lebong yang sampai akhir tahun nanti sebesar 70 persen dari target sebanyak 217.861 orang.

"Salah satu caranya ialah dengan menyiapkan doorprize, untuk jumlahnya belum kita pastikan karena saat ini masih dalam proses pengumpulan, karena kita juga mengajak beberapa pihak lainnya untuk menyukseskan program ini," kata dia.

Dia menjelaskan, berbagai upaya yang dilakukan pihaknya itu selain menyiapkan "doorprize" juga beberapa langkah lainnya seperti melakukan pendekatan khusus mulai dari mendatangi satu persatu warga yang belum divaksin, kemudian saat sudah didatangi mereka tetap tidak mau divaksin maka menurutnya akan dibuat surat khusus terkait dengan penolakan mereka terhadap vaksinasi.

Kemudian langkah lainnya ialah berkolaborasi dengan pemerintah desa dan kelurahan, terutama untuk masyarakat yang menerima bantuan dari pemerintah. Sesuai dengan keputusan presiden nantinya penerima bantuan pemerintah yang menolak vaksinasi akan dilakukan pencoretan dari penerima manfaat, karena dianggap tidak mendukung program pemerintah.

"Pemberlakuan penerapan pencoretan dari daftar penerima manfaat program pemerintah bagi mereka yang menolak divaksin ini kita terapkan mulai tahun 2022 nanti," terangnya.

Dia berharap dengan sejumlah program yang telah disiapkan Pemkab Rejang Lebong ini nantinya bisa mengundang minat warga yang belum mengikuti vaksinasi untuk mengikutinya dengan mendatangi 21 puskesmas tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong maupun serbuan vaksinasi yang dilaksanakan TNI/Polri di wilayah itu.

Sementara itu, capaian vaksinasi di Rejang Lebong terhitung sampai 6 Desember 2021 kata Syahfawi, untuk pemberian dosis 1 mencapai 61,69 persen dan untuk pemberian dosis 2 sudah 24,55 persen.
Baca juga: Ratusan warga ikuti vaksinasi Polres Rejang Lebong
Baca juga: Polres Rejang Lebong gelar vaksinasi pada malam hari
Baca juga: Satgas: Rejang Lebong nol kasus COVID-19
Pewarta : Nur Muhamad
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021