Saya juga meminta teman-teman relawan agar tidak merepotkan pemerintah dan masyarakat Lumajang, walaupun mereka menawarkan dengan senang hati bisa memberikan sesuatu.
Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengirimkan delegasi relawan untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dalam keterangan resmi Pemkab saat melepas delegasi relawan di Bantul, Senin, mengatakan, tim yang terdiri atas Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB), PMI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan relawan akan melakukan penilaian di lokasi terdampak bencana Semerui.

"Erupsi Gunung Semeru yang sampai pagi tadi saya dengar berita sudah menimbulkan korban 14 orang meninggal dan lainnya belum ditemukan. Atas eskalasi yang kuat ini kita mengambil inisiatif memberangkatkan delegasi relawan yang akan melakukan asesmen," katanya.

Baca juga: BSI kirimkan relawan medis ke lokasi terdampak erupsi Semeru

Oleh karena itu, Bupati Bantul berpesan agar para delegasi relawan yang dikirim ke lokasi bencana dapat menjalankan tugas kemanusiaan dengan sebaik-baiknya untuk meringankan beban masyarakat Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Menurut Bupati, asesmen bertujuan untuk melihat kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh masyarakat Lumajang yang selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Bantul dalam mengirimkan bantuan selanjutnya.

"Saya juga meminta teman-teman relawan agar tidak merepotkan pemerintah dan masyarakat Lumajang, walaupun mereka menawarkan dengan senang hati bisa memberikan sesuatu," katanya.

Baca juga: Pemkab Lumajang butuh relawan untuk evakuasi warga terdampak Semeru

Apalagi, kata Bupati, wilayah Bantul sebagai kabupaten rawan bencana saat terkena dampak bencana alam juga mendapatkan berbagai bantuan dari para relawan luar daerah tanpa mengharapkan apapun.

"Kita memiliki pengalaman adanya relawan dari berbagai daerah yang membantu kita dengan ikhlas, karenanya kita harus konsisten membantu dengan tulus ikhlas tanpa mengharapkan apapun," katanya.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021