Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bekerja sama dan cepat dalam menangani erupsi Gunung Semeru.

"Saya turut prihatin dengan musibah erupsi Gunung Semeru yang terjadi. Saya minta BNPB dan BPBD segera koordinasi dan bekerja sama memberikan bantuan tanggap darurat," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Sebagaimana diketahui, Gunung Semeru mengalami erupsi. Erupsi yang diawali getaran banjir lahar atau guguran awan panas menyebabkan sekitar titik lokasi gelap akibat kabut abu vulkanik.

"Bantuan tanggap darurat ini harus segera diberikan kepada daerah yang terdampak terutama Lumajang dan sekitarnya," kata Novita.

Ia mengaku mendapat informasi kondisi di Lumajang saat ini gelap gulita karena abu vulkanik. Masyarakat yang dievakuasi butuh tempat tidur yang layak, selimut dan makanan.

"Saya juga diberitahu di beberapa desa terdapat masyarakat yang terjebak dan masih berlindung di mesjid. Ini perlu segera dievakuasi," ujarnya.

Lebih lanjut, selaku anggota Komisi V DPR ia akan terus memantau perkembangan terkini dari lokasi kejadian bencana guna memastikan tanggap darurat dapat diberikan secara optimal kepada masyarakat terdampak.

"Semoga tidak ada korban jiwa dari musibah ini," kata dia.

Baca juga: BPBD dan Dinkes Jatim kirim bantuan ke lokasi terdampak Semeru

Baca juga: Puluhan warga terdampak Semeru mengungsi di Balai Desa Sumberwuluh

Baca juga: Polda Jatim kerahkan ratusan personel bantu warga terdampak Semeru

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021