Kami besok akan berangkatkan tiga personel URC (unit reaksi cepat) dengan sekitar 5-8 orang relawan
Kediri (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri, Jawa Timur, mengirim personel guna mengevakuasi warga korban erupsi Gunung Semeru (3.676 mdpl/ meter di atas permukaan laut) tersebut.

"Kami besok akan berangkatkan tiga personel URC (unit reaksi cepat) dengan sekitar 5-8 orang relawan yang akan membantu proses evakuasi warga terdampak erupsi Gunung Semeru," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri Indun Munawaroh di Kediri, Sabtu malam.

Ia mengatakan, saat ini anggotanya sedang persiapan beragam keperluan yang hendak dibawa dalam membantu tanggap bencana erupsi Gunung Semeru tersebut.

Beberapa yang akan dibawa adalah bantuan logistik yang dibutuhkan bagi warga yang mengungsi seperti selimut, terpal, matras hingga kebutuhan pokok.

Pihaknya juga mempersilakan bagi warga Kediri yang hendak mendonasikan rezekinya untuk membantu warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru juga diperbolehkan dengan dikumpulkan langsung ke kantor BPBD Kota Kediri.

"Warga Kediri yang mau donasikan rezekinya bisa menyumbangkan bahan pokok, pampers, pakaian  layak pakai, pakaian dalam," kata dia.

Sementara itu, terkait dengan rencana keberangkatan tim akan dilakukan pada Minggu (5/12) pagi. Personel yang ditugaskan akan bersama-sama berangkat ke Lumajang. Mereka juga tetap diimbau untuk menjaga protokol kesehatan sesuai yang berlaku, karena masih pandemi COVID-19.

Terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru di Dese Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Peningkatan itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB yang disertai guguran awan panas. Akibat kejadian itu, puluhan warga menjadi korban luka.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga sudah menginstruksikan melakukan evakuasi kepada warga terdekat di sekitar Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang agar aman dan selamat.

Gubernur Khofifah juga menyatakan bahwa BPBD setempat sudah merapat, termasuk tim dari BPBD Jatim.

BPBD Jatim juga mengirimkan tim untuk membantu BPBD Kabupaten Lumajang melakukan evakuasi terhadap warga terdampak di sekitar gunung api tertinggi di Pulau Jawa tersebut.

"Agen bencana Provinsi Jatim dan TRC PB BPBD Lumajang menuju lokasi untuk asesmen dan melakukan evakuasi warga di sekitar Gunung Semeru," kata Kepala Pelaksana BPBD Jatim Budi Santosa. 
Baca juga: Bantuan letusan Gunung Semeru dipusatkan di Pendapa Arya Wiraraja
Baca juga: Bandara Juanda tidak terpengaruh letusan Semeru
Baca juga: Sebagian korban guguran awan panas Semeru alami luka bakar

 

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021