Ini yang kita coba konsolidasikan BUMN-BUMN karya ini menjadi perusahaan BUMN karya yang sehat, memiliki keahlian ...ketika mereka melakukan pembangunan
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir akan memperkuat Jasa Marga sebagai perusahaan plat merah karya untuk jalan tol.

"Memang untuk ke depannya kita akan memperkuat Jasa Marga sebagai perusahaan karya untuk jalan tol," ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR RI di Jakarta, Kamis.

Sedangkan BUMN-BUMN karya lainnya, lanjut dia, akan dikembalikan kepada khitahnya sebagai perusahaan BUMN karya, apakah fokus ke EPC atau fokus ke pembangunan gedung. Tidak seperti sekarang bersifat "palu gada" di mana semuanya ada di BUMN karya.

"Kita mau konsolidasikan BUMN-BUMN karya ini menjadi kekuatan tersendiri dengan fokus sendiri, seperti yang kita coba konsolidasikan di perbankan yang mana BRI fokus ke desa dan UMKM, Mandiri fokus ke perkotaan dan korporasi besar, serta juga seperti Telkom dan Telkomsel di mana Telkom lebih kepada B To B dan Telkomsel kepada B To C," kata Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca juga: Di DPR, Erick Thohir paparkan rencana IPO-right issue sejumlah BUMN

BUMN-BUMN karya ini juga, kata dia, akan dipetakan oleh Kementerian BUMN dan Wamen BUMN II Kartika Wirjoatmodjo sudah memiliki data-data lengkapnya, terkait kekuatan dari masing-masing BUMN karya. 

Misalnya, lanjut dia, bagaimana Kementerian BUMN akan mengonsolidasikan kantor-kantor BUMN karya yang jumlahnya banyak di luar negeri. Menteri BUMN memandang hal tersebut sebagai pemborosan.

"Waskita punya kantor sendiri, BUMN karya lainnya juga memiliki kantor sendiri, kita sudah minta itu untuk ditutup dan digabung menjadi satu kantor. Ini yang kita coba konsolidasikan BUMN-BUMN karya ini menjadi perusahaan BUMN karya yang sehat, memiliki keahlian atau expert, dan juga mempunyai nilai tambah dalam arti ketika mereka melakukan pembangunan," ujar Erick Thohir.

Baca juga: Stafsus: BUMN karya diharapkan semakin fokus dalam bisnis

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021