Ajang arung jeram "GEO-FUN Rafting 2021" di Merangin siap digelar

Ajang arung jeram

Gerbang depan Taman Geopark di Renah Pembarap Kabupaten Merangin Provinsi Jambi yang akan menjadi lokasi kegiatan GEO FUN Rafting 2021. (FOTO ANTARA/Muhammad Hanapi)

Bangko, Merangin (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Merangin. Provinsi Jambi bersiap menyambut kedatangan para peserta, tamu dan pengunjung perhelatan ajang arung jeram "GEO-FUN Rafting 2021" yang akan digelar di kawasan Geopark aliran Sungai Batang Merangin, 1-3 Desember 2021.

"Para peserta, tamu undangan dan pengunjung dijadwalkan mulai datang pada Rabu (1/12) besok , acara puncak GOE-FUN Rafting 2021 sendiri akan digelar Kamis (2/12)," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Merangin Sukoso di Bangko Kabupaten Merangin, Selasa.

Ia menjelaskan pergelaran pariwisata terbesar di akhir tahun di Desa Air Batu dan Desa Guguk, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin tersebut diharapkan bisa menarik minat pengunjung dan juga bisa mengangkat dan memublikasikan Geopark Merangin ke tingkat nasional bahkan dunia.

Sementara itu hingga H-2 penyelenggaraan GEO-FUN Rafting 2021 tersebut, kata dia, persiapan sudah lebih dari 80 persen baik di lokasi kegiatan maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di tengah kerimbunan kawasan petdesaan tersebut, kata Sukoso, digelar dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat, wajib masker, jaga jarak dan cuci tangan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Merangin Fajarman yang mengawal langsung kegiatan tersebut menyebutkan persiapan panitia sudah 80 persen dan pihaknya terus melengkapi hal-hal yang masih memerlukan penyempurnaan acara tersebut.

Ia menyebutkan bila di awal persiapan fokus kepada ketersediaan fasilitas kebersihan, pada rapat terakhir Senin (29/11) malam fokus untuk penyambutan peserta, tamu dan pengunjung.

Kemudian fasilitas mushala, transportasi bus, sarana parkir serta hal-hal teknis lainnya yang mendukung penyelenggaraan kegiatan pariwisata tersebut. Sementara itu penginapan bagi peserta difokuskan di hotel yang ada di Kota Bangko.

Sebelumnya, panitia juga telah melakukan pembenahan dan mengamankan lokasi kegiatan seperti pohon-pohon durian yang mati di Taman Geopark , ranting-rantingnya sudah dipangkas semua sehingga tidak akan membahayakan peserta yang beraktivtas di kawasan itu.

"Ranting-rantingnya yang dikhawatirkan menimpa pengunjung sudah dibersihkan, sehingga bila ada angin tidak perlu dicemaskan lagi," kata Fajarman.

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang sebelumnya akan menghadiri kegiatan itu, dipastikan tidak jadi hadir.

Namun demikian ada lima perwakilan dari Kemenparekraf yang akan hadir, termasuk sejumlah pewarta media nasional, dari Jambi dan Merangin juga akan meliput kegiatan tersebut.

Pemerintah Kabupaten Merangin, kata Sekda, "all out" melakukan persiapan untuk memastikan gelaran Arung Jeram Geo-Fun Rafting 2021 berjalan dengan baik dan lancar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Merangin Sasoko menambahkan persiapan pelaksanaan kegiatan Geo Fun Rafting berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana.

"Harapannya Geo-Fun Rafting 2021 berjalan dengan baik dan sukses, mohon dukungan dari masyarakat karena kegiatan ini merupakan pertaruhan bagi kita warga Merangin," katanya.

Kegiatan arung jerang Geo-Fun rafting 2021 tersebut bertujuan untuk mengembangkan potensi wisata Geopark Merangin Jambi. Sehingga Geopark Merangin dapat menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Kegiatan arung jeram tersebut diikuti peserta dari klub-klub arung jeram organisasi Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI), dari Badan Geologi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan peserta lainnya.

Arung Jeram tersebut akan menyusuri kawasan Geopark Merangin dengan mengambil start di Desa Air Batu dan "finish" di Teluk Wang Sakti di aliran Sungai Batang Merangin, demikian Sukoso.

Baca juga: "GEO-FUN Rafting 2021" janjikan keseruan sisir geopark Merangin

Baca juga: Geopark Merangin Jambi kembali diajukan ke UNESCO

Baca juga: Enam fosil di Geopark Merangin Jambi hilang

Baca juga: IPDN teliti Geopark Nasional Merangin

 
Pewarta : Muhammad Hanapi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021