Banda Aceh (ANTARA) - Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan bahwa ajang Tour de Sabang (balap sepeda) membawa misi menuju sport tourism atau wisata olahraga di kota paling barat Indonesia itu.

"Tour de Sabang ini sekaligus membawa misi sport tourism. Saya menginginkan ajang ini dilaksanakan secara tahunan," kata Nova Iriansyah, di Sabang, Ahad.

Hal itu disampaikan Nova Iriansyah di sela-sela pelepasan start balapan sepeda kategori road bike, di tugu kilometer 0 Indonesia, Sabang.

Dalam rangka mencapai target wisata olahraga, Pemerintah Aceh mendukung penuh setiap kegiatan olahraga yang digelar di kota dengan keindahan wisata bahari tersebut.

Baca juga: Tour de Sabang kategori MTB didorong masuk kalender UCI Gran Fondo

Baca juga: Pemerintah: Semua peserta Tour de Sabang wajib vaksinasi COVID-19


"Tour de Sabang ini ingin dijadikan agenda tahunan, kita mendukung, Pemerintah Aceh peduli terhadap kegiatan olahraga," ujarnya.

Olahraga sepeda saat ini menjadi salah satu tren yang sedang naik. Apalagi bersepeda menyehatkan, sekaligus dapat mempromosikan wisata Sabang.

"Pemerintah Aceh bersama DPR Aceh sangat mendukung dan terus bekerja keras untuk meningkatkan baik itu kualitas maupun kuantitas kegiatan bersepeda," kata Nova.

Selain itu, Nova juga menuturkan bahwa ajang bersepeda ataupun olahraga lainnya bermuara pada kompetisi paling besar, dalam hal ini pekan olahraga nasional (PON).

"Kegiatan ini untuk menunjang itu (prestasi atlet untuk PON), dan Insyaallah ke depan dilaksanakan di Aceh-Sumut 2024," ujarnya.

Karenanya, Gubernur Aceh meminta kepada Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Aceh untuk memasang target tinggi saat PON 2024 mendatang.

"Makanya kita mulai dari sekarang, dan terus menyemarakkan acara olahraga bersepeda seperti ini," demikian Nova Iriansyah.*

Baca juga: Dispora Aceh nyatakan ajang "Tour de Sabang" digelar secara gratis

Baca juga: Event tour de Sabang jadi persiapan atlet sepeda Aceh menuju PON 2024

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021