Jakarta (ANTARA) - Gelaran Festival Catur Pelajar 2021 yang diikuti 1.365 peserta mendapat penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) sebagai kompetisi catur secara daring pelajar terbanyak di Tanah Air.

Secara simbolis, penghargaan ini diberikan Manajer Senior Muri, Awan Rahargo, kepada perwakilan penyelenggara Festival Catur Pelajar yakni Yayasan BKP Penabur dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) di Galeri Muri di Mol of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta, Selasa.

"Muri mencatat peristiwa superlatif yaitu sebuah kompetisi catur yang diikuti oleh 1.365 pelajar dari 24 provinsi dan ini adalah sebuah kompetisi yang terbanyak di Indonesia," kata Awan.

Awan menambahkan penghargaan ini diberikan dengan harapan dapat mendorong dan menginspirasi semua orang bahwa pada masa pandemi COVID-19, masyarakat tetap bisa melakukan sesuatu yang terbaik. "Dan itu esensi sebuah pencatatan dari Muri," dia menambahkan.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR, Adri Lazuardi, mengatakan tujuan terselenggara Festival Catur Pelajar 2021 diharapkan catur dapat lebih diminati pelajar atau anak-anak Indonesia.

Sebab menurutnya, catur adalah olahraga yang bisa membentuk karakter yang baik. "Catur adalah bagian dari pembentukan karakter catur karena membawa orang pada upaya untuk berjuang untuk dirinya sendiri dan menunjukkan kualitas diri," kata Adri.

"Catur bisa menang dan kalah, tapi yang terpenting adalah sebuah proses. Itu yang diharapkan ke depan anak-anak bangsa ini punya karakter yang baik dan itu akan membuat Indonesia maju. Kami berharap kegiatan ini menginspirasi banyak sekolah di Indonesia untuk membuat kegiatan-kegiatan yang bermanfaat salah satunya melalui catur," ujar Adri menambahkan.

Sementara itu hal senada juga diungkapkan perwakilan SCUA, Lisa Lumondong. "Semoga ini menginspirasi putra-putri Indonesia untuk berlomba menghadirkan karya yang dapat membanggakan Indonesia di mata dunia," katanya.

Festival Catur Pelajar 2021 bergulir beriringan dengan BPK Penabur Cup pada 14, 15, 22 Agustus 2021 dan dinaungi Pengurus Besar Persatuan Catur Indonesia (PB Percasi) . Tak kurang dari 1.365 peserta dari 24 provinsi di seluruh Indonesia turut andil, mulai dari pelajar SD, SMP, dan SMA.

Sebagai salah satu cabang olahraga yang dapat dimainkan pada masa pandemi COVID-19, catur kian diminati masyarakat.

Selain bermanfaat mengisi waktu, kegiatan ini juga dapat menghasilkan prestasi serta menjaring bibit atlet unggul di penjuru Tanah Air.

Baca juga: Juara catur pelajar Penabur diharapkan jadi GM yang berkarakter baik
Baca juga: Festival Catur Pelajar Penabur diharapkan tumbuhkan karakter jujur
Baca juga: Mendikbudristek apresiasi Festival Catur Pelajar BPK Penabur 2021

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021